TikTok Gaming: Strategi untuk Unggul dalam Persaingan di 2024

eTamu.id – Dunia TikTok gaming semkain berkembang. Dengan 1 miliar pengguna TikTok aktif bulanan, aplikasi video-first adalah tujuan populer untuk semua hal hiburan. Itu termasuk komunitas game. 

TikTok menjadi taman bermain baru buat para gamer, dan terlihat jelas bahwa aktivitas mereka semakin cepat. Jam penayangan global untuk 100 topik gaming terpopuler TikTok tumbuh +533% dari tahun 2020 hingga 2021. Terlebih lagi? Bukan karena berhenti. 

Dengan semakin populernya konten sosial video bentuk pendek, TikTok sangat relevan. Platform media sosial juga merupakan saluran berbasis komunitas di mana sekelompok orang yang berpikiran sama terikat lewat konten video. 

Karena industri game lebih berfokus pada pengalaman sosial (ada yang pernah mendengar tentang Roblox?), komunitas gaming dan percakapan memainkan peran besar dalam arti game. Dan itu menjadikan TikTok platform yang ideal untuk dimanfaatkan oleh brand game. 

Apakah Gaming Populer di TikTok?

TikTok Gaming

Seberapa gamer TikTok setuju? Lagipula, ini bukan Discord atau Twitch. Jawabannya? TikTok lebih populer dari sebelumnya di kalangan gamer, dan itu karena antarmuka yang menawan dan komunitas yang otentik.

Inilah yang dikatakan Blake Chandlee, Presiden Solusi Bisnis Global di TikTok:

TikTok adalah tempat game dan budaya bertabrakan. Orang-orang datang ke TikTok untuk nemuin momen dan gerakan yang membentuk budaya gaming saat ini…. sungguh menginspirasi melihat bagaimana komunitas kami saling mendukung dan menjalin hubungan yang tulus lewat minat yang sama.”

Kata yang perlu diingat di sini? Koneksi. TikTok menyediakan lingkungan buat para gamer untuk terhubung satu sama lain dan merek, menjadikannya tempat yang sempurna untuk memperluas jangkauan dan memelihara prospek. 

75% gamer TikTok nemuin konten gaming baru di TikTok. Campuran konsumsi konten dan hasil kreasi di tempat penemuan terakhir. Dengan 41% gamer TikTok ikut berkreasi di channel tersebut, nggak heran kalau fenomena TikTok membuat kami memainkannya terus meningkat. 

Sama seperti sensasi #tiktokmademebuyit, tagar ini telah mengumpulkan lebih dari 15,6 juta penayangan dan nggak cuma mewakili komunitas, tetapi juga cara mengonsumsi game. 

TikTok Gaming: Naik Level

Aplikasi punya Bytedance kini mempertajam fokusnya pada masa depan gaming. Tahun lalu, TikTok menyelenggarakan acara game global pertamanya. 

Peserta mendengar dari brand ternama termasuk Electronic Arts, 2K, Homa, Playtika, dan VNGGames. Assaf Sagy, Kepala Global Gaming TikTok juga ngasih pidato utama. 

Dia pemukul berat di dunia gaming sosial, setelah memimpin tim komersial Snapchat di Israel dan memegang peran kepemimpinan di Playbuzz sebelumnya. Inilah pemikirannya: 

TikTok dan game dibuat untuk satu sama lain. TikTok telah menunjukkan nilainya dalam membantu konsumen nemuin apa yang menyenangkan, berharga, dan populer. kami berharap bisa bekerja sama dengan semua perusahaan game secara global untuk membantu menjadikan TikTok sebagai fondasi utama dalam strategi pemasaran kalian.”

Jelas bahwa TikTok telah memperhatikan kemajuan game di aplikasi, dan sekarang mereka mengambil langkah lebih lanjut untuk membantu brand.

Tab Gaming TikTok

Seperti dilansir Financial Times, TikTok bersiap meluncurkan tab gaming yang bakal menampilkan game mobile yang bisa dimainkan.

Saat TikTok merilis pembaruan ini, pengguna bakal melihatnya di beranda aplikasi TikTok. Ini adalah langkah besar buat pengembang dan brand game karena bakal menawarkan jangkauan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke audiens gaming yang ditargetkan.

TikTok tampaknya pertama kali memulai pengujian game di Vietnam pada bulan Mei. Game ini bakal menampilkan iklan, artinya brand bakal punya kesempatan lain untuk memonetisasi konten. 

Tampaknya TikTok ingin mengisi kekosongan yang ditinggalkan Snapchat dan Facebook (keduanya menghentikan platform game mereka). Itu juga mengikuti tren yang dipicu Netflix dalam peluncuran game mobile mereka pada tahun 2021.

Jadi, apa artinya ini buat brand game?

Sekaranglah waktunya untuk bergabung dan memanfaatkan kekuatan channel ini sebelum pesaing kalian. Jadi, bagaimana kalian bisa memasuki lingkaran  TikTok gaming, memaksimalkan ROI pemasaran kalian, dan mengungguli perusahaan lain? Ini adalah taktik yang perlu diketahui.

5 Taktik Strategi untuk Unggul Dalam Persaingan TikTok Gaming

Kami menumpahkan beberapa pengetahuan orang dalam sehingga brand kalian bisa bertindak nggak seperti Noob dan lebih seperti profesional. Kiat-kiat ini bakal membantu kalian meningkatkan konversi, meroketkan kesadaran brand kalian, dan benar-benar mencapai KPI tersebut. 

1. Maksimalkan Iklan Dengan Influencer Marketing

Iklan berbayar di TikTok bisa sangat kuat. Tetapi cuma kalau kalian melakukannya dengan benar. Bagaimana cara memastikan kalian memaksimalkan ROI untuk semua kampanye iklan berbayar? Pemasaran pemberi pengaruh. 

Berkolaborasi dengan influencer yang relevan (dan benar) bisa ngasih efek dramatis pada hasil kampanye kalian. 

  • Iklan yang dibuat untuk TikTok dengan kemitraan kreator mencapai tingkat penayangan 2 detik 65% lebih tinggi). Intinya, influencer media sosial bisa menarik perhatian audiens kalian dengan lebih efisien.
  • Iklan yang dibuat untuk TikTok dengan kemitraan kreator mencapai tingkat penayangan 6 detik 91% lebih tinggi di aplikasi – yang berarti pemberi pengaruh juga mendorong waktu tonton yang lebih lama.
  • Stat lain? Iklan yang dibuat untuk TikTok dengan kemitraan kreator mencapai tingkat keterlibatan 83% lebih tinggi – artinya iklan tersebut punya dampak yang jauh lebih dalam pada pemirsa yang dijangkau.

Taktik utama brand game di sini adalah menggabungkan pemasaran influencer dengan iklan berbayar. Hal ini sangat penting untuk brand game mobile, yang menanggapi CTA iklan berarti konversi langsung, seperti unduhan aplikasi.

Bahkan, TikTok menjadi pusat aktivitas para mobile gamers. 49% dari mereka menggunakan channel tersebut. Terlebih lagi, gamer mobile TikTok memasang game 50% lebih banyak dan lebih dari 40% lebih cenderung membayar untuk game dan add-on. 

Jadi, kalau kalian seorang developer game mobile, iklan influencer harus menjadi prioritas utama kalian.

2. Buat Buzz

Menjadi bagian dari komunitas gamer lebih dari sekadar “bermain”. Orang-orang ingin berbicara tentang berita terbaru, terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan umumnya berpartisipasi dalam percakapan yang membuat mereka bersemangat. 

Pengembang game harus memanfaatkan ini. Kalau kalian membuat buzz seputar produk kalian, audiens target kalian bakal mendengarkan. 

Semakin tinggi tingkat keterlibatan kalian, semakin banyak UGC yang bisa kalian harapkan dan semakin baik pula ROI kalian pada kampanye ini. Jadi bagaimana kalian bisa membuat kata “buzz”?

Kalian mungkin ingin berpikir out of the box. Gamer ada di banyak tempat berbeda, nggak cuma di “lingkaran gaming” tertentu. kalian mungkin nemuin seseorang tertarik pada sebuah game semata-mata karena mereka adalah penggemar pemeran atau film yang menjadi dasarnya. 

Untuk menciptakan hype, kalian nggak harus cuma berada di antara para gamer fanatik, jadi pikirkan audiens potensial kalian yang lebih luas dan apa yang mungkin membuat mereka bersemangat. 

Bahkan di kalangan gamer yang rajin, brand game bisa masuk ke lingkaran mereka lewat kolaborasi yang cermat dengan campuran influencer gaming (yang ngasih kredibilitas pada aspek teknis) dan kemitraan influencer yang lebih unik (yang bakal membuat konten yang berkesan).

Tujuan utamanya adalah untuk mendorong interaksi pengguna dengan game yang mengarah ke kesadaran brand yang positif dari aktivasi di kalangan gamer kasual dan hardcore, serta penggemar olahraga ekstrim.

Manfaatkan teknologi Identifikasi content creator dari Bytesights untuk memilih dengan cermat creator TikTok yang paling relevan, termasuk konten kreator olahraga ekstrim yang berbasis di Inggris Raya. 

3. Gabungkan Konten Organik dan Berbayar

Iklan berbayar saja mungkin mendapatkan beberapa hasil yang kalian cari, tetapi cuma memasang iklan di sana nggak bakal mendapatkan akuisisi jangka panjang dan keterlibatan pemirsa yang dibutuhkan brand biar tetap relevan di channel. 

Jadi apa yang harus kalian lakukan? Jawaban: gunakan konten organik dan iklan berbayar dalam strategi kalian. TikTok adalah tempat buat komunitas untuk mengenal brand secara otentik dan tanpa omongan pemasaran biasa. 

79% pengguna TikTok lebih memilih brand yang menunjukkan bahwa mereka memahami cara membuat untuk platform, jadi penting untuk punya brand sebelum memasang banyak iklan di luar sana. 

Buat postingan kalian tetap menghibur dan libatkan audiens kalian di bagian komentar (rata-rata 77% pengguna TikTok mengatakan bahwa mereka membaca komentar di video TikTok ). 

Saat menambahkan iklan berbayar ke dalam campuran, pastikan ini selaras dengan konten organik kalian dan yang telah dikenal oleh TikToker kalian. 

Memanfaatkan influencer dalam hal ini tentu saja bisa memperluas jangkauan kalian ke audiens yang sangat tertarget, membantu konten kalian mulai menjadi tren, dan mengembangkan komunitas kalian menjadi lebih baik. 

Saat membangun pertimbangan Overwatch 2 untuk brand Activision, kami menerapkan strategi gabungan menggunakan iklan berbayar dan campuran konten organik yang menarik. 

Kami memamerkan game baru di beberapa ceruk untuk melibatkan pemirsa TikTok di seluruh rangkaian minat mereka, dan menyoroti elemen Overwatch 2 yang bakal beresonansi paling kuat dengan grup yang berbeda.

Sejauh ini strategi hybrid kami telah menghasilkan 11 juta pemain aktif (diperkirakan 8 juta) dan 49,6% dari mereka adalah pemain baru di franchise ini. Itu kemenangan yang pasti. 

4. Gunakan Gameplay Asli dalam Video TikTok Gaming Kalian

TikTokers menginginkan kenyataan. Lewatlah sudah hari-hari foto siap pakai photoshop dan kepribadian palsu. 77% pengguna TikTok mengatakan TikTok adalah tempat orang bisa mengekspresikan diri secara terbuka, dan mereka mengharapkan hal yang sama dari brand. 

Itu berarti mengiklankan produk kalian dengan jujur. Selama beberapa tahun terakhir, platform media sosial mengalami peningkatan video game mobile yang menyesatkan. 

Channel-channel ini dulu dipenuhi dengan janji-janji aneh dari game berbasis cerita yang nggak seperti gameplay sebenarnya. Sekarang, kalian bakal kesulitan melihat iklan yang mengecewakan ini di ForYouPage kalian. Sebaliknya, orang menginginkan real deal. 

Jenis konten paling populer untuk TikTok Gaming adalah “Gameplay dan walk-throughs “. TikTokers ingin melihat game ini beraksi dan memahami cara kerjanya. Lebih baik lagi, menambahkan tip ke dalam gameplay bisa meningkatkan CTR sebesar +0,18%.

Cara paling ampuh untuk menampilkan gameplay? Influencer. 61% konsumen memercayai rekomendasi influencer, dibandingkan dengan 38% yang memercayai konten yang diproduksi brand.

Kepercayaan ini adalah faktor kunci untuk dipertimbangkan. kalian ingin penonton percaya bahwa gameplay yang kalian tunjukkan adalah nyata, autentik, dan brilian. Siapa yang lebih baik melakukan itu daripada kreator?

5. Buat Konten yang Digerakkan Oleh Tujuan

Konten kalian harus selalu punya tujuan dan tujuan itu perlu berhubungan dengan audiens target kalian. Tentu saja, sebagai pemasar yang brilian, kalian mungkin sudah mengetahuinya. Tapi TikTok membuatnya lebih gampang. Mengapa? Karena algoritma TikTok.

Sistem rekomendasi TikTok bekerja secara intuitif untuk nemuin jenis konten yang ingin dilihat setiap pengguna di For You Page ( FYP ) mereka. 84% pengguna TikTok mengatakan bahwa mereka nemuin konten yang bisa mereka kaitkan.

Katakanlah kalian ngebuka iPhone, menuju ke TikTok dan nyari mobil listrik. Nanti kalian mungkin nemuin bahwa  TikTok meningkatkan konten dari brand seperti Tesla menggunakan data yang dikumpulkannya dari aktivitas kalian. Itu karena berfokus pada minat.

Jadi, saat kalian membuat konten sebagai merek, baik yang berbayar maupun organik, pikirkan audiens target kalian dan apa yang sebenarnya ingin mereka lihat. 

Semakin kalian bisa fokus pada hal ini, semakin kalian bakal menjangkau orang yang tepat dan menciptakan komunitas yang berkembang.

Luangkan waktu untuk benar-benar memahami audiens kalian dan jenis konten TikTok yang mereka buat, bagikan, dan libatkan. Kami menyebutkan lebih lanjut bahwa menambahkan tip ke dalam gameplay bisa meningkatkan CTR sebesar +0,18%.

Kalau kalian melihat permintaan untuk tip gameplay, mungkin pilar konten untuk profil TikTok kalian bisa menjadi kumpulan dari ini? Atau mungkin penggemar kalian suka memerankan dialog game? Tantang mereka dengan duet TikTok.

Bereksperimenlah dengan konten, dan setelah kalian nemuin jalan yang berhasil, ikuti dengan lebih banyak lagi. Ini bakal membantu penggemar TikTok kalian memahami apa tujuan halaman kalian – dan mereka bakal kembali kepada kalian lagi dan lagi. 

Ini bakal membuat kalian selalu diingat, bahkan saat mereka jauh dari konsol game mereka.

Jangan Kecewa Kalau Strategi Tidak Berhasil

TikTok mendorong brand untuk membuat konten yang menarik, mengasyikkan, dan nggak biasa. Jadi jangan takut untuk mencoba metode baru. kalau ada yang nggak berfungsi, catat dan coba yang lain. 

Selama kalian menganalisis hasilnya, kalian bakal bisa membuat keputusan yang lebih baik. Tentu saja, mengikuti angka-angka itu bisa terasa seperti kalian memainkan kampanye kalian pada “mode hard”. Jadi kami nemuin solusi yang gampang. 

Bytesights, tool pendengar sosial dan manajemen kampanye internal kami, ngasih data waktu nyata pada setiap kampanye yang kami awasi, yang kami ekstrapolasi untuk membuat keputusan yang tepat dan mengoptimalkan dengan cepat. 

Ini juga berfungsi sebagai tool wawasan data untuk membantu kami nemuin apa yang bakal menjadi tren sebelum menjadi arus utama, dan nemuin pemberi pengaruh yang sempurna untuk kampanye apa pun.

Baca juga:

Exit mobile version