10 Aplikasi Chatting Nomor 1 yang Paling Populer di Indonesia

Apa aplikasi chatting yang populer di Indonesia? Aplikasi pesan sosial sekarang menjadi alat komunikasi yang sangat penting. Dan bukan hanya untuk pengguna media sosial individual juga untuk merek.

Media sosial adalah cara yang bagus untuk menyebarkan pesanmu ke jagat maya yang luas, tapi jika kamu mencari hubungan yang lebih intim dengan para penggemar dan pengikutmu  dan cara untuk menawarkan layanan pelanggan media sosial terbaik di kelasnya  sudah waktunya untuk mengenal aplikasi cjat yang paling populer di Indonesia.

Apa itu Aplikasi Sosial Chat?

Aplikasi pesan sosial adalah program di ponsel atau komputer yang memungkinkanmu untuk ngobrol secara pribadi dengan satu orang atau banyak pengguna lainnya. Banyak dari mereka juga bisa video call.

Berbeda dengan SMS dan pesan teks, koneksi kamu disambungin lewat internet, bukan lewat sinyal telepon. Selama ada WiFi yang oke atau akses 3G yang lancar, kamu bisa ngirim pesan sesuka hatimu.

Platform pesan sosial memberi kesempatan pengguna buat bikin profil publik, gambar, dan status yang bisa dilihat orang lain dalam jaringan mereka. Pesan langsung ke satu sama lain (DM), tapi gak kelihatan secara publik.

Kamu bisa tuker kata-kata, foto atau video, serta bagi link mirip kayak yang kamu lakuin dalam pesan teks. (Ini kabar gede buat yang suka emoji!). Aplikasi pesan sosial sering terhubung ke platform media sosial, jadi kamu bisa kirim pesan ke pengguna media sosial lainnya.

Misalnya, Messenger adalah aplikasi pesan sosial yang terkait dengan Facebook kalo ada yang minta bantuan layanan pelanggan di postingan Facebook Halaman Bisnismu, kamu bisa pindahin percakapan dari tempat umum ke obrolan pribadi di Messenger buat selesainya.

Deretan Aplikasi Chatting yang Paling Populer di Indonesia

Aplikasi Chatting yang Populer di Indonesia

Pada tahun ini, hampir terlalu banyak cara untuk menghubungi seseorang. Berita baiknya adalah tidak perlu menjadi pengguna setiap aplikasi pesan sosial. Sebaliknya, pikirkan aplikasi apa yang paling sering digunakan oleh pasar targetmu dan fokuslah di sana.

Namun, menjadi praktik bagus bagi pemasar media sosial untuk memahami seluruh pemandangan opsi yang ada, jadi berikut adalah pembagian dari aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia.

1. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang populer dan paling banyak digunakan di Indonesia dan seluruh dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna global.

Ini adalah cara yang bagus untuk mencapai banyak orang dan menggunakan percakapan untuk memberikan pengalaman pribadi, semoga mempercepat perjalanan pembeli sepanjang jalan.

Dengan WhatsApp, kamu bisa menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan, mengatur notifikasi push otomatis, atau merespons secara personal untuk menciptakan pengalaman belanja yang intim.

Kekurangan WhatsApp adalah bahwa WhatsApp Business tidak tersedia secara global (misalnya, kamu tidak akan menemukannya di Kanada), jadi tidak semua fitur bisnis, penargetan, dan periklanan platform akan tersedia untuk semua orang.

WhatsApp mungkin menjadi aplikasi terpopuler di dunia, tetapi memiliki jangkauan yang lebih kecil di beberapa wilayah. Sebelum kamu sepenuhnya menggunakan WhatsApp, pastikan itu cocok untuk basis pelangganmu sendiri. Cek beberapa statistik menarik tentang WhatsApp di sini.

2. Telegram

Selanjutnya ada telegram yang merupakan alternatif aplikasi chatting selain WhatsApp yang juga sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini mirip dengan WhatsApp yang menerapkan enkripsi end-to-end. Selain gratis, Telegram juga dianggap lebih aman karena menggunakan protokol MTProto.

Keunggulan Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp antara lain, kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas dan kualitas data atau media yang dikirim tetap optimal. Selain itu, kapasitas grupnya lebih besar. Kamu bisa mengunduh Telegram melalui Play Store atau App Store.

3. Messenger

Messenger bisa diatur dengan chatbot percakapan. Fitur Belanja Facebook bisa diintegrasikan ke dalam Messenger juga, memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan pembelian langsung dalam obrolan.

Facebook juga menjual iklan Messenger dan pesan berbayar jika kamu tertarik untuk memasang iklan dengan aplikasi chatting yang cukup populer di Indonesia ini.

Fitur keren lain dari Messenger adalah waktu responmu ditampilkan langsung di halaman Bisnis Facebookmu, jadi konsumen tahu persis apa tingkat layanan pelanggan yang diharapkan.

4. WeChat

WeChat juga merupakan salah satu aplikasi chatting yang populer di Indonesia. Dengan lebih dari satu miliar pengguna dan digunakan oleh 78% penduduk usia 16 hingga 64 tahun di negara itu. Aplikasi ini punya ribuan program tambahan dan fitur di dalamnya.

Meskipun perusahaan mencoba meluncurkan platform ini di luar China, tapi belum mendapat banyak perhatian. Kalau China jadi pasar targetmu, WeChat jadi keharusan buat bisnismu.

WeChat juga dipakai sebagai alat pembayaran, jadi cocok banget untuk perdagangan lewat percakapan. Bisnis bisa memasarkan produk di WeChat dengan buat Akun Resmi atau bermitra dengan pihak ketiga.

Kalau punya Akun Resmi, bisa bikin konten di WeChat dan langsung berinteraksi serta jualan ke pengikut dan pelanggan. Lebih dari 100 negara (termasuk Kanada) sekarang bisa apply Akun Resmi, meskipun mereka gak punya Lisensi Bisnis China.

5. QQ

QQ adalah aplikasi chatting yang utamanya dipakai di China namun juga digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia, meskipun hampir terlihat kecil dibandingkan dengan WeChat, dengan hanya 574 juta pengguna. (Keduanya dimiliki oleh perusahaan induk yang sama, Tencent.)

Aplikasi ini lebih populer di kalangan yang lebih muda, jadi kalau Gen Z yang jadi target brandmu, ini bisa jadi alat sosial pesan yang patut dijajal. QQ juga punya game dan layanan blog.

6. Snapchat

Per Desember 2022, Snapchat masih menjadi salah satu dari 15 platform media sosial paling banyak digunakan di dunia. Meski terkenal dengan video dan foto yang hilang setelah beberapa waktu, pengguna bisa menggunakan Snap sebagai alat obrolan berbasis teks juga.

Pengguna Snapchat bisa menggeser ke atas pada sebuah cerita untuk mengunjungi situs web bisnis atau mengunduh aplikasi, atau mereka juga bisa menggeser ke atas untuk menelepon atau mengirim pesan teks ke bisnis dari perangkat seluler mereka.

Pengguna cenderung 60% lebih mungkin melakukan pembelian impulsif di platform ini, jadi sepertinya tempat yang bagus untuk berinteraksi. Fitur baru Snap di desktop memungkinkan untuk mengelola obrolan dari komputer, bukan hanya dari telepon.

7. Google Business Messaging

Pesan Google My Business adalah aplikasi chatting gratis yang membantu pelanggan menghubungi kamu secara langsung dari profil bisnis Google kamu.

Ini berarti pelanggan bisa langsung menghubungi bisnis kamu dari hasil pencarian tanpa harus repot-repot masuk ke situs web dan mencari alamat email atau nomor telepon. Keuntungannya? Calon pelanggan bisa ngobrol langsung dari daftar Google Maps atau Google Search kamu.

Kerugiannya? Ini bukanlah alat yang biasanya mereka gunakan untuk kontak dengan keluarga atau teman, jadi penggunaannya tidak sefamiliar dan se nyaman menggunakan aplikasi yang lebih umum.

Meskipun begitu, mungkin tidak ada salahnya untuk mengatur Google My Business Messaging. Pesan bisa langsung masuk ke ponsel atau desktop kamu sehingga kamu bisa dengan mudah menanggapi pertanyaan di mana pun kamu berada.

8. DM Instagram

Instagram itu sebenernya aplikasi buat berbagi foto dan video, tapi sekarang jadi aplikasi chatting yang super populer juga di Indonesia.

Bisnis yang punya akun di aplikasi ini, yang ngomong-ngomong, punya 1,22 miliar pengguna global kemungkinan bakal banyak pengikut yang nge-DM mereka. Jadi, lebih baik siapin strategi layanan pelanggan buat ngeladenin mereka.

Empat puluh empat persen pengguna Instagram belanja di aplikasi itu seminggu sekali, jadi alasan bagus buat buka kesempatan buat ngobrol. Instagram juga punya alat balas cepat yang bermanfaat buat jawab pertanyaan yang sering ditanyain.

Pesan atau DM di Instagram bisa berupa teks atau foto dan video (bisa pake efek dan keterangan).

Buat merek dan kreator, kirim pesan langsung bisa jadi cara bagus buat bangun hubungan pribadi sama pengikut, kontakin mitra potensial, atau kasih dukungan ke pelanggan yang punya pertanyaan atau masukan.

9. LINE

LINE adalah aplikasi pesan yang populer di Jepang (ada 92 juta pengguna di sana, dari total 178 juta pengguna di seluruh dunia), yang menawarkan lebih dari sekadar fungsi chatting dan sempat menarik minat pengguna di Indonesia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa kirim uang ke teman, belanja online, dengerin musik, atau pesen taksi kayak super-app gitu, mirip WeChat di China.

Line punya fitur timeline dan homepage, mirip Facebook atau Instagram, jadi pengguna bisa ikutin postingan temen atau brand. Ada juga “Official Channels” tempat perusahaan bisa bagi update sama pengikutnya.

Pengguna Line bisa bikin grup chat sama 500 orang sekaligus, dan ada juga bulletin boards buat diskusi, jadi ini aplikasi keren buat brand nyambungin sama komunitas atau fandom yang relevan.

Salah satu fitur unik dari Line tuh kepopuleran stiker-stikernya. Ilustrasi digital sering banget dikirim-kirim lewat chat dan jadi sumber pemasukan besar buat Line.

Brand yang mau ikut di Line mungkin bisa pertimbangin buat rilis paket stiker mereka sendiri, atau setidaknya pelajari gimana cara pengguna sering pake stiker gif.

10 Viber

Terdapat 70 juta interaksi di Viber setiap jam dan pengguna di lebih dari 190 negara. Jadi, kalau kamu belum pernah dengar tentang Viber, mungkin saatnya untuk dengerin.

Aplikasi ini meng-branding diri sebagai platform yang berfokus pada konsumen dengan berbagai alat yang memudahkan merek untuk menarik dan berinteraksi dengan audiens.

Gunakan iklan, stiker kustom, pesan yang ditargetkan, dan penawaran untuk mencapai pengguna Viber, serta tawarkan dukungan 24-7 dengan integrasi chatbot.

Viber juga memungkinkan bisnis untuk membagi pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan agar lebih spesifik dalam pengirimannya. Pembelian juga bisa dilakukan langsung di Viber.

Apa Aplikasi Chatting Nomor 1 yang Paling Populer di Indonesia?

WhatsApp adalah aplikasi chatting nomor satu yang paling populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia, menurut riset dari Statista. Dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan, ini merupakan aplikasi pesan sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Meskipun begitu, berbagai wilayah di dunia cenderung memiliki preferensi aplikasi yang berbeda-beda. Misalnya, di China, WeChat mendominasi pasar, sementara alat pesan sosial LINE populer di negara-negara seperti Jepang dan Taiwan.

Aplikasi chatting lainnya: