Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop dan Juga Cara Melacaknya

eTamu.id – Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop dan Melacaknya: TikTok Shop adalah tambahan terbaru di pasar e-niaga yang berlimpah dalam beberapa tahun terakhir. Dengan antarmuka inovatif TikTok, ini menghadirkan tambahan yang mengubah permainan ke platform selleran online yang kita miliki saat ini. 

Dengan lebih dari satu miliar pengguna, TikTok berhasil menggabungkan hiburan dan perdagangan, menjadi salah satu platform streaming video bentuk pendek paling populer.

Dan sekarang dengan fitur terintegrasi untuk memeriksa, membeli, dan mengirimkan produk paling favorit tepat di depan pintu pelanggan kalian! Ini membawa tren #TikTokMadeMeBuyIt ke tingkat yang baru.

Sekarang, dengan jumlah pelanggan, pengguna, dan seller yang sangat banyak yang telah mendaftar ke TikTok Shop, tetapi karena Toko ini masih dalam tahap awal, saya harus ekstra hati-hati dalam menangani pesanan sehingga saya bisa memastikan pengalaman berbelanja dan pengiriman yang paling memuaskan diterima. oleh pelanggan TikTok saya yang terkasih. 

Proses pelacakan pesanan merupakan bagian integral untuk memastikan pengiriman yang cepat, aman, dan memuaskan. TikTok Shop punya kebijakan dan sistem agar kalian tahu bagaimana kalian bisa mencapai kesuksesan pengiriman. 

Mengetahui di mana pengiriman kalian memberi kalian keuntungan besar dalam layanan pelanggan karena informasi tersebut bisa mendorong kalian untuk lebih responsif, dan menerapkan solusi terbaik kalau mereka datang. 

Dan tentu saja, dalam jangka panjang, membodohi proses pengiriman kalian sehingga kalian bisa menangani volume yang lebih besar sambil menurunkan kesalahan dan masalah menjadi sedikit atau nol. Dalam diskusi saya di sini, saya juga akan memberi tahu kalian sebuah rahasia – mesin logistik. 

Mesin logistik bisa menjadi alat yang berguna untuk membantu kalian memenuhi pesanan ke tingkat yang mungkin nggak pernah kalian bayangkan sebelumnya sambil menghemat waktu, tenaga, dan uang yang bisa kalian alokasikan kembali ke rencana untuk mendorong bisnis kalian ke tingkat yang lebih tinggi!

Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop

Cara Melihat Pesanan di Tiktok Shop

Ada tiga menu yang bisa kalian gunakan untuk cara melihat pesanan di TikTok Shop. Berikut penjelasan cara mengakses masing-masing menu di bawah ini.

1. Via Profil

Kalian bisa mengakses menu profile untuk melihat detail pesanan yang telah dibuat sebelumnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Tiktok di ponsel.
  2. Pilih menu Profil yang punya ikon berbentuk orang di pojok kanan bawah layar.
  3. Klik garis 3 di pojok kanan atas layar, lalu pilih Setting and Privacy. kalian akan dialihkan ke halaman pengaturan akun kalian.
  4. Pada menu Akun, pilih opsi Pesanan. kalian akan diarahkan ke halaman Pusat pesanan untuk melihat pesanan kalian.
  5. Di halaman itu, kalian. bisa melihat detail dan status barang yang kalian beli. Informasi detail mengenai lokasi pesanan saat ini juga akan muncul.

2. Via Shop

Selain menu profil, ada juga menu Sjop yang bisa digunakan untuk cara melihat pesanan di TikTok shop. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka akun TikTok di ponsel.
  2. Klik menu Shop yang ada di baris kedua dari kiri bawah.
  3. Pilih garis tiga di kanan atas lalu klik menu Orders.
  4. Semua detail pesanan akan terlihat, dari yang belum dibayar hingga yang sudah diterima.

3. Via Inbox

Menu terakhir adalah cara melihat pesanan di TikTok shop melalui menu Inbox yang biasanya terdapat pada halaman utama Tiktok di bawah layar. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Tiktok di ponsel.
  2. Ketuk tombol Inbox atau Kotak Masuk pada halaman utama di bagian bawah layar.
  3. Di bagian aktivitas, klik tombol Pembaruan Toko: Pesanan dibuat.
  4. Selanjutnya pilih notifikasi order yang dibuat lengkap dengan kode produk yang dibeli.
  5. Layar akan menampilkan Status Pesanan yang berisi semua transaksi baik belum dibayar, dikirim, ditinjau, dan dikembalikan.
  6. Pilih To Shopuntuk melihat status pesanan kalian.
  7. Di halaman ini, kalian bisa melihat invoice dari pembelian dan perkiraan kapan pesanan akan dikirim.
  8. Kalau sudah terkirim, kalian bakal dapet notifikasi langsung dari TikTok Shop dan bisa melihat statusnya dengan langkah yang sama di Tab Terkirim.

Cara Melacak Pesanan di Tiktok Shop bagi Pembeli

Cara Melacak Pesanan di Tiktok Shop

Selain melihat status dan detail pesanan, kalian juga bisa melacak pesanan di Tiktok Shop. Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Tiktok di ponsel.
  2. Pilih menu Profil yang punya ikon berbentuk orang di pojok kanan bawah layar.
  3. Klik garis 3 di pojok kanan atas layar, lalu pilih opsi Setting and Privacy. kalian akan dialihkan ke halaman pengaturan akun kalian.
  4. Pada menu Akun, pilih opsi Pesanan. kalian kemudian akan diarahkan ke halaman Pusat pesanan untuk cara melihat pesanan di TikTok Shop kalian.
  5. Pada menu Pesanan kalian, pilih opsi Terkirim atau Terkirim. kalian akan masuk ke halaman khusus untuk melacak setiap pesanan yang telah dikirim dari seller.
  6. Klik pesanan yang kalian beli. kalian akan melihat tanggal pengiriman dan deskripsi di atasnya.
  7. Pilih opsi Detail untuk melihat detail pesanan. kalian akan diarahkan ke halaman khusus untuk melihat di mana pesanan kalian sekarang.
  8. Kalau halaman pelacakan nggak muncul, maka kalian bisa menyalin nomor resi pengiriman dari TikTok Shop. Masuk ke Google, lalu cari resi pengiriman. kalian akan bisa melacak pesanan dengan mudah.

Langkah-langkah Cara Melacak Pesanan di TikTok Shop Bagi Seller

Cara Melacak Pesanan di TikTok Shop Bagi Seller

Pelacakan pesanan bukanlah tugas yang mudah. Ini membutuhkan beberapa langkah, di mana kalian harus terlibat langsung untuk mencegah timbulnya masalah besar. Segera setelah kalian menerima pesanan, pelacakan pesanan dimulai. 

Tujuan akhir kalian, pada akhirnya, adalah untuk memastikan bahwa produk kalian yang berharga mencapai pintu pelanggan setia kalian.

Konfirmasi Pesanan

Dalam mengkonfirmasi pesanan, seller harus selalu mengingat bahwa barang tersebut tersedia. Atau yang lain, kita akan menghadapi pekerjaan ekstra untuk menjelaskan kepada pelanggan bahwa kita nggak bisa menjual barang yang mereka inginkan. Itu terlihat buruk bagi kalian terutama ketika kalian baru memulai. 

Dan ingat, kalian harus melalui proses pembatalan pesanan TikTok resmi kalau itu terjadi. Jadi, yang terbaik adalah kalau kalian bisa menyimpan inventaris produk kalian secara real-time (Kalian bisa menggunakan alat online gratis, atau bermitra dengan penyedia mesin logistik).

Sehingga kalian bisa dengan mudah mengonfirmasi pesanan. Setelah kalian mengonfirmasi, pada dasarnya kalian memberi tahu pelanggan bahwa kalian punya produk tersebut, dan sedang menuju ke mereka.

Kemas dan Bungkus Pesanan

Pengepakan dan pengemasan adalah langkah penting dalam pemenuhan pesanan TikTok Shop karena cara kalian mengemas menentukan kesan pertama pada pelanggan kalian nantinya.

Kalau paket mereka rusak atau kusut, kemungkinan mereka akan memesan lagi dari toko kalian jauh lebih kecil daripada ketika mereka menerima paket mereka dalam kondisi bersih.

Namun, beberapa tip abadi dalam hal pengemasan:

  • Pastikan kemasan sesuai dengan ukuran barang. Ini memastikan lebih sedikit kerusakan pada paket kalian. Terkadang kalau terlalu besar, barang bisa pecah. Dan kalau terlalu kecil, paketnya bisa keluar. saya juga nggak mau.
  • Tandai item yang halus dan memerlukan penanganan khusus. kalau memungkinkan, tunjukkan bagaimana paket harus ditangani untuk memandu pengangkut logistik.
  • Jangan sertakan konten ilegal dan terlarang seperti meminta pesan untuk ulasan positif, ancaman, dan lain-lain.
  • Kalau diperlukan, sebagian besar untuk barang yang lebih halus, pertimbangkan pengemasan berlapis-lapis seperti melampirkan paket dalam kotak dan karton untuk perlindungan optimal.

Sekedar catatan, persiapkan diri kalian untuk proses pengiriman kembali kalau produk mengalami kerusakan yang diketahui pelanggan setelah menerimanya. 

Ini membosankan, tetapi penanganan yang ahli atas situasi seperti itu bisa membantu meningkatkan reputasi kalian dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek tersebut.

Labeli Paket TikTok Shop dengan Benar

Memberi label paket dengan benar akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Ini juga akan menempatkan kalian pada posisi yang lebih kuat untuk bisa memantau apakah paket kalian dikirimkan ke orang dan lokasi yang tepat. 

Ketika kalian punya sistem nama, alamat, barang, dan nomor pesanan yang jelas, kalian bisa lebih responsif terhadap permintaan pelanggan. 

Pikiran kalian, mereka menyukainya ketika kalian punya pengetahuan tentang pesanan mereka karena itu memberi mereka perasaan kepedulian pribadi seller terhadap pengalaman berbelanja mereka. 

Namun, waspadai beberapa larangan dalam aspek label pengiriman yang mengelilingi pemenuhan TikTok Shop. Label pengiriman nggak boleh menyertakan hyperlink, kode QR, informasi kontak dari platform lain, atau informasi yang nggak relevan dengan pesanan. 

Untuk menghindari paket kalian dibuang atau hilang, pastikan semuanya diberi label dengan benar dengan semua informasi yang diperlukan.

Kalau kelalaian terbukti datang dari pihak kalian, kalian nggak punya pilihan selain menanggung biaya dan kerumitan kegagalan pengiriman dan pengiriman kembali. 

Serahkan Paket Ke Operator

Menyerahkan paket ke pengangkut logistik tentu saja merupakan langkah selanjutnya. 

Setelah kalian menyerahkannya ke operator, kalian harus mempercayakannya kepada penyedia 3PL sehingga dalam melakukan ini, kalian harus memastikan bahwa kalian berurusan dengan mitra terkemuka yang punya peringkat kepercayaan tinggi di antara bisnis dan pelanggan.

Saya nggak ingin mitra saya menjadi nggak bertanggung jawab dan nggak responsif terhadap masalah yang mungkin timbul dalam perjalanan.

Dalam proses pemenuhan TikTok Shop, kalian bisa memilih antara dua opsi: Kirim oleh Seller dan Kirim oleh TikTok. Saat kalian memilih Kirim oleh Seller, itu berarti kalian akan melakukan pemenuhan pesanan (yaitu, pengambilan dan pengepakan) dan mengirimkan pesanan kalian ke penyedia 3PL pilihan kalian. 

Setelah diserahkan, kalian harus pergi ke Pusat Seller TikTok dan memperbarui status pesanan sebagai Terkirim. 

Cukup membosankan, menurut kalian, tetapi ini bekerja paling baik kalau kalian telah membangun hubungan baik dengan penyedia 3PL dan ingin mendiversifikasi opsi pengiriman pelanggan kalian.

Kalau kalian memilih untuk mengirimkan pesanan melalui mesin logistik TikTok, kalian harus memilih antara dua mode penanganan ke operator – Pick Up dan Drop Off. 

Perbedaan utama antara keduanya adalah dengan Pick Up, kalian akan diberi tahu setelah TikTok mengambil produk kalian dari lokasi yang kalian tentukan, dan dengan Drop Off, kalian perlu membawa produk kalian ke titik drop-off yang ditunjuk TikTok Shop. 

Dalam waktu 48 jam, kalian harus memperbarui Status Pesanan kalian menjadi Terkirim setelah barang dikumpulkan. 

Untuk kedua jenis pengiriman, kalian harus memastikan bahwa paket diambil tepat waktu dan dalam waktu 120 jam, Status Pesanan diperbarui. Saat menyerahkannya ke kurir, merupakan tanggung jawab seller bahwa barang diserahkan dalam kondisi baik, dan ke kurir yang benar.

Sebelum berangkat, pastikan semua paket utuh. Yang terbaik adalah mengambil foto paket kalian sehingga kalian akan punya bukti aktivitas nanti kalau diperlukan. 

Periksa Status Pengiriman

Setelah diserahkan ke operator, penyedia 3PL akan mengawasi barang kalian. Pastikan untuk sesekali memeriksa status pengiriman produk kalian. Setelah mencapai orang dan lokasi yang dituju, kiriman kalian akan ditandai pada tahap akhir sebagai Terkirim. 

Ada beberapa perbedaan menurut jenis pengiriman. Saat kalian menggunakan Pengiriman oleh Seller, Pusat Seller TikTok akan menggunakan data dari penyedia pihak ketiga kalian untuk melacak pesanan kalian, dan akhirnya menandainya sebagai Terkirim. 

Pastikan kalian mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyiapkan penautan dan integrasi sistem penyedia 3PL kalian ke TikTok Shop kalian, atau sebaliknya. 

Untuk Pengiriman oleh TikTok, operator mitra TikTok akan memperbarui status pengiriman menjadi Terkirim setelah pengirim mendapatkan tanda tangan penerima dalam tanda terima. 

Untuk jangka waktu pengiriman, ada beberapa panjang yang bervariasi tergantung pada jenis pengiriman yang kalian pilih. 

Buat Pengiriman oleh Seller, TikTok merekomendasikan untuk membuat kontrak dengan operator pilihan kalian karena ini akan memberikan keamanan bagi kedua belah pihak. Mengaudit apakah kebutuhan logistik kalian terpenuhi pada akhirnya akan terserah kalian. 

Beberapa catatan, meskipun:

  • Kalau kurir gagal mengirimkan produk kalian dua kali, barang tersebut dianggap hilang.
  • Kalau penerima yang dituju gagal untuk mengakui tanda terima setelah 12 hari sejak pembuatan pesanan, paket dianggap hilang.
  • Kalau pengiriman nggak normal (yaitu, kerusakan, keterlambatan, atau kehilangan), Pusat Seller TikTok bisa membatalkan pesanan dan memberi tahu pelanggan untuk meminta pengembalian uang.

Itu menjadi sedikit lebih ramping ketika kalian memilih Kirim oleh TikTok, di sisi lain. kalian mendapatkan halaman informasi yang lebih komprehensif dan terintegrasi melalui panel Kelola Pesanan di Pusat Seller TikTok kalian.

Kalau kurir gagal mengirimkan paket dalam periode pengiriman yang ditentukan, paket akan ditandai Tertunda. Sama seperti Dikirim oleh Seller, TikTok akan membatalkan pesanan dan menyarankan pelanggan untuk meminta pengembalian uang kalau pengiriman nggak normal.

Perhatikan juga bahwa Pesanan yang telah dilakukan tetapi belum ditandai dengan Pembaruan Status Pelacakan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem TikTok setelah 15 hari penempatan pesanan. Kalau pelanggan membayar sebelumnya, pembayaran mereka akan dikembalikan sekaligus. 

Namun jangan khawatir, sebelum TikTok menggunakan langkah ini, kalian akan mendapatkan pengingat harian untuk memperbarui status pelacakan kalian. Hehe, kalian nggak akan punya alasan kalau itu terjadi!

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Ada kalanya pembeli berubah pikiran dan ingin membatalkan pesanan dengan alasan seperti nggak sesuai dengan barang, harga atau opsi yang ditawarkan. kalau ini terjadi, kalian bisa membatalkannya menggunakan tiga metode.

Berikut penjelasannya:

1. Pesanan yang Belum Dibayar

Kalau kalian sudah memesan produk yang belum dibayar, ada cara untuk membatalkan pesanan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel kalian.
  2. Buka menu Shop. Itu ada di bagian bawah layar. Menu tersebut dilambangkan dengan ikon tas belanja.
  3. Pada menu Shop, kalian akan disajikan daftar barang yang dipesan di TikTok Shop. Pilih salah satu yang ingin kalian batalkan.
  4. Klik Cancel pada pesanan kalian atau cancel pada menu Waiting Payment
  5. Pilih alasan mengapa pesanan dibatalkan.
  6. Kemudian, klik tombol Kirim.
  7. Setelah itu, hubungi dan minta seller untuk membatalkan proses pengiriman.
  8. Kalau seller setuju, pesanan akan langsung dibatalkan secara otomatis. Namun, permintaan pembatalan pesanan akan gagal kalau seller memilih untuk melanjutkan pemrosesan pesanan.

2. Pesanan yang Sudah Dibayar

TikTok Shop juga telah menyediakan fitur dimana kalian juga bisa membatalkan pesanan yang sudah terlanjur dibayar. Namun dalam prosesnya, kalian perlu memberi tahu seller mengapa kalian membatalkan pesanan.

Selain itu, cara ini hanya bisa dilakukan kalau pesanan belum dikemas dan siap dikirim. kalau proses order sudah sampai tahap pengiriman, order nggak bisa dibatalkan.

Berikut langkah-langkah untuk membatalkan pesanan yang sudah dibayar

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Di kanan bawah, klik menu Profil
  3. Pilih ikon tiga garis di kanan atas layar
  4. Klik menu Pengaturan dan Privasi atau Pengaturan dan Privasi
  5. Pilih Order atau Pesanan
  6. Klik produk di tab Semua.
  7. Klik pesanan yang sudah dibayar
  8. Di kanan bawah, klik menu Batalkan Pesanan
  9. Kalian akan masuk ke menu refund. Harap isi alasan mengapa kalian ingin membatalkan pembelian. lalu klik Kirim
  10. Tunggu proses pembatalan disetujui oleh seller
  11. Setelah selesai, pesanan akan dibatalkan

3. Pesanan COD yang Belum Dikirimkan oleh Seller

Kalau kalian menggunakan sistem COD sebagai sistem pembayaran, kalian juga bisa membatalkan pesanan yang telah dibuat sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel kalian.
  2. Buka fitur TikTok Shop dengan menu Belanja di bagian bawah.
  3. Klik menu Pesanan di kiri atas.
  4. Temukan pesanan yang ingin kalian batalkan.
  5. Klik opsi Hubungi Seller yang terletak di bagian bawah.
  6. Untuk bisa mengobrol dengan seller, klik Kirim Pesan.
  7. Tulis pesan ke seller yang memintanya untuk membatalkan pengiriman pesanan. Tunggu hingga seller menyetujui permintaan kalian.
  8. Kalau seller telah menyetujui untuk membatalkan pengiriman pesanan, maka pada bagian menu Lacak Paket akan terlihat bahwa pesanan kalian telah dibatalkan sehingga pengiriman paket juga harus dibatalkan.

Beberapa Hal Lain yang Perlu Diingat

Kami tahu kalian nggak akan melakukan hal-hal ini, tetapi kalau seseorang membutuhkan pengingat, kalian nggak boleh, dengan cara apa pun, mengirimkan sesuatu yang bersifat penipuan, atau potensi bahaya kepada penerima. 

Upaya atau tindakan apa pun untuk melakukan hal ini akan tunduk pada kebijakan dan peraturan TikTok yang bisa mengakibatkan pencabutan hak istimewa seller, dan dalam beberapa kasus, penuntutan berdasarkan undang-undang negara bagian yang berlaku. 

Jadi bahkan nggak berpikir tentang hal itu. Beberapa perbuatan yang dilarang dan bisa dihukum antara lain pengiriman paket kosong, pengiriman jumlah barang yang nggak lengkap, pemalsuan informasi pada label pengiriman, dan penggunaan informasi yang nggak akurat lainnya. 

Jangan coba-coba, karena TikTok telah menyiapkan modul pengaduan untuk keamanan pelanggan sehingga kalian pasti akan dilaporkan kalau terlibat di dalamnya.

Dan hanya sebagai pengingat, kalau terjadi force majeure seperti bencana alam atau buatan manusia, kalian harus memberi tahu Pusat Seller TikTok melalui tiket bahwa pengiriman kalian akan mengalami penundaan sehingga mereka bisa menyampaikannya dengan baik kepada pembeli. 

Itulah cara melihat pesanan dan melacaknya di TikTok Shop baik bagi pembeli maupun penjual, semoga bermanfaat!

Baca juga: