Cara Agar Viral di TikTok: 8 Tips ini Akan Membuat Kalian FYP

eTamu.id – Ingin tahu cara agar menjadi viral di TikTok? Ahli tips ini bakal meningkatkan brand kalian – dan kami bakal melakukannya dengan lebih baik. Inilah cara mencapai kesuksesan viral yang memberikan hasil jangka panjang.

Pada tahun 2023, hanya dengan membuat konten TikTok dan hanya menunggu metrik tersebut meroket nggak bakal memotong mustard.

Lalian perlu mengetahui tip terbaik untuk memaksimalkan peluang kesuksesan viral kalian di TikTok dan menemukan audiens yang tepat untuk meningkatkan ROI kalian dalam kampanye.

Sekarang ada lebih dari 1 miliar pengguna TikTok (lebih dari 80% di antaranya adalah generasi milenial atau Gen Z).

TikTok jelas merupakan platform pilihan buat kaum muda, dengan 69% dari mereka yang kami survei mengatakan mereka telah punya akun dan 34% mengklaim itu adalah ‘platform yang paling banyak mereka habiskan waktu’.

Namun hanya karena mereka ada di sana, bukan berarti mereka bakal menonton video kalian. Bagaimana kalian terhindar dari kebisingan?

Untuk mencapai semua tujuan pemasaran TikTok kalian, kalian perlu tahu cara memanfaatkan keinginan audiens TikTok kalian, menggunakan algoritma TikTok untuk keuntungan kalian, dan membuat konten yang benar-benar menggerakkan panggilan.

Kami punya TikTok Tips and Tricks dasar untuk membantu kalian melakukan hal itu, sehingga kalian bisa melambungkan konten kalian ke dalam sorotan. Tapi pertama-tama, sebuah peringatan (dengarkan kami). Menjadi viral di TikTok bukanlah segalanya.

Tips Cara Agar Menjadi Viral di TikTok Pada Tahun 2023

Cara Agar Viral di TikTok

Oke, kalian mau mencapai peningkatan pertumbuhan di TikTok. Bagaimana kalian bisa melakukannya secara efektif dan tanpa menghabiskan seluruh anggaran pemasaran media sosial kalian? Untungnya, kalian nggak perlu memindahkan gunung untuk menjadi sensasi viral di platform sosial.

Kalian hanya perlu mengikuti beberapa tips utama, terus mencoba dan yang terpenting, pahami TikTok itu sendiri.

Algoritme TikTok adalah tulang punggung platform media sosial. Sistem intuitif ini mempromosikan konten kepada pengguna melalui ” FYP ” (For Your Pages), di mana video pendek yang relevan muncul berdasarkan minat masing-masing TikToker.

Jadi, bagaimana ini bisa membantu kalian menjadi viral? Kiat efektif ini bakal membantu kalian bekerja dengan algoritme untuk meningkatkan visibilitas kalian.

Tip Cara Agar Viral di TikTok 1: Selami Komunitas Konten TikTok

Pikirkan audiens ideal kalian. Dan maksud kami – sungguh – pikirkan tentang mereka. Jenis konten apa yang mereka tonton di TikTok? Ini adalah tiket kalian untuk mendapatkan jangkauan yang lebih baik melalui algoritma TikTok.

Kalau kalian baru mengenal TikTok, menemukan target audiens kalian relatif gampang. TikTok memungkinkan untuk menemukan konten melalui komunitas, yang bisa ditemukan melalui tagar.

Kalau kalian mencoba menawarkan demografis yang lebih muda yang menyukai pakaian ramah lingkungan, kalian nggak bakal mau menjual pakaian cepat saji. Tapi apa yang dinikmati pembeli fashion berkelanjutan? Lihat tagar yang relevan seperti #fashion berkelanjutan untuk jawaban kalian.

Terlibat dengan video TikTok populer, konten kreator, dan influencer TikTok yang kalian lihat. Lihat lebih banyak tagar niche dan tagar trending yang sering muncul – dan perhatikan lagu, sulih suara, dan meme suara yang lagi tren.

Cara ini digunakan dan dibagikan di antara komunitas konten yang berbeda-beda. Konten paling populer bakal memberi kalian ide bagus tentang jenis video yang paling disukai konten komunitas untuk brand kalian.

Ini penting untuk memenangkan audiens target kalian, dan membuat algoritma TikTok bekerja untuk kalian. Apa yang lebih penting tentang terlibat dalam komunitas konten yang benar? Ini membantu memberi sinyal ke algoritma TikTok tempat menampilkan video TikTok kalian sendiri.

Artinya, kalian membuat konten TikTok yang dipelajari dengan baik yang bakal dibagikan kepada pengguna yang kemungkinan besar bakal dinikmati. Secara alami, ini bakal meningkatkan peluang kalian untuk sukses viral.

Kalian harus secara konsisten memposting konten video yang mau dilihat audiens target kalian: kemudian, kalian bisa membiarkan algoritme melakukan kerja keras untuk kalian.

kalau gagal – jangan khawatir: algoritma TikTok nggak bakal ‘menghukum’ kalian karena ini, dan kalian bakal mempelajari sesuatu yang berguna tentang audiens kalian.

Tip Cara Agar Viral di TikTok 2: Pertimbangkan Aturan 3 Detik

Panjang rata-rata video TikTok adalah 21 hingga 34 detik – yang sempurna untuk menarik penonton muda; sebagian besar seluler dari mereka lebih suka menonton video yang sangat singkat (satu menit atau kurang) beberapa kali sehari.

Namun untuk menjadi viral di TikTok, kalian harus berpikir dalam kerangka waktu yang lebih pendek dari durasi video ini. Nasihat terbaik yang bakal diberikan oleh tim ahli iklan berbayar berbakat kami kepada kalian adalah bahwa kalian perlu mengetahui tentang aturan 3 detik. Apa itu?

Segera setelah kalian membagikan video di TikTok, algoritme bakal selalu mengirim video ke halaman pengguna ‘Untuk kalian’, tetapi hanya untuk waktu yang singkat.

Alasan melakukan ini adalah biar platform bisa mengidentifikasi apakah video kalian relevan dan menarik buat pemirsa (dan kalau ya, video tersebut bakal ditampilkan kepada lebih banyak orang).

Metrik utama yang diukur TikTok di sini adalah waktu tonton dan rasio penyelesaian. kalau audiens kalian hanya menonton beberapa detik dari video 30 detik kalian sebelum menggulir ke video lain, algoritme bakal menganggap video kalian membosankan atau nggak relevan, dan nggak bakal mempromosikannya.

Jadi bagaimana kalian menghindari ini? kalian memastikan bahwa video kalian memikat audiens kalian. Dan 3 detik pertama itu adalah yang paling penting.

Lagi pula, ada begitu banyak pilihan konten video di TikTok, dan sangat gampang untuk menggulir ke video berikutnya. kalian perlu segera membuat dampak.

Tip Cara Agar Viral di TikTok 3: Tetap Menghibur

Mengapa pengguna terus kembali ke TikTok? Karena itu menyenangkan! Studi menunjukkan bahwa TikTokers datang ke platform berkali-kali karena itu “mengangkat semangat mereka”. Penelitian kami sendiri menemukan bahwa alasan utama Gen Z datang ke Tiktok adalah “untuk hiburan.

Secara khusus, humor TikTok sangat menyentuh (dengan cara yang baik). Penelitian kami sendiri menunjukkan bahwa 87% Gen Z mengatakan bahwa TikTok terutama untuk ‘Komedi & Humor’.

Banyak brand Chipotle dan Ryanair telah membangun pesan inti mereka di aplikasi melalui konten komedi yang bersifat cabul.

Seringkali, nilai kejutan dari tawa itulah yang membuat pengguna mau menonton ulang video tersebut, yang pada akhirnya memicu algoritma TikTok untuk mengirimkannya menjadi viral. Dengan jumlah jutaan dalam satu video saja, taktik ini jelas berhasil.

Rute utama lain menuju hiburan? edu-tainment. Tutorial sangat populer di TikTok, dan bisa dalam berbagai bentuk. Penelitian kami sendiri menemukan alasan umum Gen Z mengikuti brand di TikTok adalah karena “mereka mengajari saya sesuatu yang baru”.

Rute ketiga adalah melalui kejutan. Tom Sweeney menjelaskan bagaimana kami membuat Casio viral di TikTok dengan mengubah norma bercerita dan memulai dari tempat yang “salah”.

Video tersebut nggak hanya membuat percikan besar – ketika digunakan sebagai iklan, itu menghasilkan AOV £ 104. kalian bisa membaca lebih lanjut tentang itu di sini.

Semakin lama orang menonton video kalian, semakin baik. Semakin lama waktu menonton dan semakin tinggi tingkat penyelesaian video kalian, TikTok bakal semakin meningkatkan postingan kalian.

Jadi, kalau kalian bertanya-tanya bagaimana cara membuat video viral, kalian harus bertanya pada diri sendiri “ apa yang membuat cerita menjadi menarik? ”

bangun dengan intrik, pikat audiens kalian, dan perhatikan kecepatan. Semakin kalian bisa mendorong interaksi, semakin baik: kalian menunjukkan kepada TikTok bahwa konten kalian menarik, dan orang lebih menginginkan.

Tip Cara Agar Viral di TikTok 4: Berkolaborasi dengan Influencer

Influencer bisa ditonton. Nyatanya, penggunaan konten kreator di iklan TikTok kalian bisa mendorong tingkat keterlibatan 93% lebih tinggi. Mengapa mereka begitu pandai dalam apa yang mereka lakukan?

Mereka tahu niche dan audiens mereka dan telah menghabiskan waktu untuk memahami apa yang dianggap komunitas mereka sebagai konten berkualitas tinggi (ingat langkah 1?).

Berkolaborasi dengan influencer bisa membantu kalian mendapatkan jangkauan yang belum pernah ada sebelumnya – di antara rangkaian KPI lainnya. Lagi pula, konten kreator ini nggak bakal menjadi pemberi pengaruh kalau mereka nggak tahu cara menjangkau dan menarik khalayak luas.

Memilih influencer yang sangat selaras dengan penawaran brand kalian secara efektif berarti kalian telah menemukan audiens yang ditargetkan dan konten kreator yang tahu cara menjangkau mereka dengan sempurna – artinya peluang untuk membuat video viral jauh lebih tinggi.

Pemasar perlu memilih kemitraan mereka dengan bijak. TikTokers cerdas. Mereka bisa mengendus ketidakcocokan merek- influencer dari jarak satu mil (dan 100% bakal menyebut brand itu).

kalau konten kreator nggak selaras dengan urutan nilai brand, itu bakal langsung mematikan, dan kalian bisa berpikir selamat tinggal pada kesuksesan viral apa pun.

Cara untuk menghindari hal ini adalah dengan melakukan penelitian kalian. Menemukan creator yang sempurna untuk kampanye kalian merupakan hal mendasar untuk keberhasilannya.

Kalau kalian suka mempersingkat ini, kalian juga beruntung. Kami menggunakan Bytesights, alat mendengarkan sosial dan wawasan data internal kami, untuk menemukan pemberi pengaruh yang tepat berdasarkan tren dan data topikal.

Tip 5: Gunakan Tren untuk Keuntungan Kalian

TikTok sekarang menjadi tren internet 0, dan tren bisa sangat kuat. Mereka menawarkan kesempatan buat konten kalian untuk membuat atau menjadi bagian dari reaksi berantai yang tak terhentikan di mana kesadaran dibangun di atas kesadaran.

TikTok membuatnya lebih cepat dan lebih gampang dari sebelumnya untuk membuat konten media sosial serta mengkonsumsinya. Di antara jumlah pengguna TikTok yang sangat tinggi, sebagian besar (83%) telah memposting video mereka sendiri.

Ini menjadikan TikTok tempat yang ideal untuk efek bola salju yang dipimpin oleh konten buatan pengguna ini.

Pemasar bisa memikirkan tren dengan dua cara:

1. Ikuti Tren Saat Ini

Pertama, pikirkan tentang melompat ke atasnya. Itu berarti menyadari apa yang lagi tren dan, yang paling penting, tren mana yang siap ditemukan audiens kalian. kalau kalian telah mengambil langkah nomor satu, menemukan tren ini bakal lebih gampang. Tonton FYP kalian.

Catat ide, suara, atau narasi kreatif yang muncul secara konsisten. kalau kalian mau menjadi viral, ini adalah informasi emas. Maka inilah saatnya untuk melakukan putaran kalian sendiri, tetap autentik dengan pesan brand kalian dan menggunakan pertumbuhan tren untuk keuntungan kalian.

2. Ciptakan Trend Sendiri

Cara kedua adalah dengan menciptakan trend sendiri. Ambil inspirasi dari beberapa tren TikTok teratas dan pikirkan bagaimana kalian bisa membuatnya sendiri untuk meningkatkan UGC dan memperkuat upaya kalian.

Kami membuat lagu baru Dua Lipa menjadi viral di TikTok dengan membuat tren dance baru di aplikasi dan berkolaborasi dengan beberapa influencer TikTok yang paling sukses.

Karena itu, kami memaksimalkan konten potensial buatan pengguna peniru TikTok untuk menciptakan tren baru yang menghasilkan 15,3 juta dan 58.000 penggemar video. kalian bisa membaca lebih lanjut tentang studi kasus di sini.

Cara lain untuk meningkatkan jangkauan kalian adalah melalui suara yang lagi tren. Selain itu, meme audio yang lagi tren khususnya merupakan wilayah yang berkembang dan punya banyak peluang untuk menjadi viral, terutama karena sebagian besar datang tanpa kesulitan lisensi musik.

kalian bisa membaca lebih lanjut tentang cara menggunakan meme suara ini untuk lanjut menjadi viral di TikTok di sini. Tagar tren dan tantangan tagar juga bisa memberikan jalan untuk menjadi viral. Tetapi hanya kalau kalian menggunakan yang benar.

Tip 6: Jadilah “Poster Boy” di Niche Market Kalian

Salah satu cara paling efektif yang kami lihat kreator dan brand membuat diri mereka viral di TikTok adalah dengan mengidentifikasi niche dan menjadi ‘poster boy’ mereka.

Pemunculan tren di TikTok adalah titik awal, tetapi untuk meningkatkan peluang video kalian menjadi populer secara viral, kalian perlu membedakan diri kalian dari video lain yang melakukan hal yang sama.

Kedengarannya kontra-intuitif, bukan. Tapi dengarkan kami: ya, kalian mau memanfaatkan tren, dan tren berasal dari replikasi konten dengan video serupa. Tetapi untuk menjadi viral, kalian harus mengkooptasi tren untuk mengatakan sesuatu yang orisinil dan berharga tentang diri kalian.

kalian perlu mengambil kepemilikan. Contoh bagus datang dari Sony Commercial Group, yang bekerja sama dengan kami untuk melambungkan lagu George Michael, Careless Whisper, sebagai tren TikTok.

Lagu tersebut telah menginspirasi meme organik, jadi kami menargetkan makro influencer dengan sudut pandang unik dan tingkat keterlibatan yang tinggi untuk membuat video dengan sentuhan baru – semuanya diiringi oleh lagu resmi yang ditautkan dari Spotify.

Ini membantu menghidupkan kembali tren TikTok dan memberikan arah baru, karena follower mereka meniru iterasi baru ini — semuanya sambil menggunakan suara resmi (dan aliran yang meningkat). Untuk membaca lebih lanjut tentang proyek ini, lihat studi kasus lebih lanjut kami di sini.

Membuat USP dan ‘faktor perbedaan’ antara kalian dan akun TikTok lainnya sangatlah penting. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menemukan sesuatu yang bisa kalian miliki (baik itu produk, lagu populer, keterampilan, atau sudut pandang), dan membuat serial atau daftar putar TikTok darinya, sehingga orang terus datang kembali.

Tip 7: Pastikan Kalian Bisa Ditemukan Lewat Pencarian TikTok

TikTok bukanlah mesin pencari semata, tetapi pasti berkembang menjadi mesin pencari, dengan saran intuitif untuk diikuti pengguna. ini menjadi tempat panggilan pertama buat Gen Z yang mencari informasi, mendapatkan julukan “Google baru”.

Tetapi Pencarian TikTok juga berfungsi sedikit berbeda dari pencarian standar Google – dan Gen Z, khususnya, menggunakannya dengan cara yang unik dan menarik.

Katakanlah seseorang lagi mencari percakapan seputar “Kecantikan Vegan”. kalau kalian mengetiknya di Google, kemungkinan besar kalian bakal mendapatkan seluruh rangkaian produk dan hasil spesifik tentang subjek tersebut. Namun, mencari ini di TikTok bakal memberi kalian diskusi seputarnya.

Dan ini bukan satu-satunya cara mesin pencari TikTok menciptakan perilaku pencarian baru – dan karena itu cara baru untuk menjadi viral.

Secara alami, seiring berkembangnya pencarian TikTok, Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO) TikTok juga bakal berkembang. Bagaimana kalian bisa membuat video kalian terlihat?

Tagar juga bisa membantu – dengan mendukung SEO Tiktok kalian dan memberi sinyal ke algoritme tempat membagikan konten kalian.

Tip 8: Keterlibatan – Terutama di Komentar

Di TikTok, bagian komentar sangat kuat. Secara global, rata-rata 77% pengguna TikTok mengatakan bahwa mereka membaca komentar di postingan dan video di aplikasi tersebut.

Bagian ini sendiri bisa menjadi viral, dan merupakan area lain di mana TikTok mengembangkan kemampuan mesin pencarinya.

Ada jutaan pengguna yang menunggu untuk terjun dan terlibat di sini. Meninggalkan komentar benar-benar bisa meningkatkan brand kalian di mata mereka – dan algoritma TikTok bakal menghargai kalian untuk itu. Jadi mengapa nggak menggunakannya?

Selain itu, balas komentar pengguna di video kalian bisa membantu kalian mendorong UGC, dan bahkan menginspirasi lebih banyak konten – membuat pengguna yang terlibat terus kembali.

Ambil inspirasi dari pemberi pengaruh TikTok: konten kreator ini cenderung memberikan komentar dengan video baru, yang membantu mereka tetap terhubung dengan pemirsa dan mempromosikan lebih banyak konten kreatif yang menurut mereka bakal diterima dengan baik.

Brand bisa melakukan hal yang sama. Keindahan dari ini adalah kalian membawa pemirsa asli dari video pertama saat kalian membuat yang lain dari bagian komentar itu, ditambah pengguna lain yang menemukan konten kalian.

Kecemerlangan mutlak di sini? kalian membuat konsumen menginginkan lebih. Semakin mereka mau melihat konten kalian, semakin mereka bakal mencarinya, dan semakin besar peluang kalian memicu algoritme Tiktok untuk mengirimkan kalian viral.

Cara Agar Menjadi Viral di TikTok Bukanlah Akhir Permainan

Ini baru permulaan. Menjadi viral di TikTok membutuhkan pemahaman tentang TikTok. Tapi benar-benar membangun brand kalian di TikTok? Ini membutuhkan pemahaman audiens kalian di TikTok.

Ada perbedaan antara komunitas konten (pengguna yang memperhatikan topik tertentu di Tiktok ) dan komunitas follower kalian sendiri (pengguna yang benar-benar mengikuti kalian).

Setelah kalian mulai menarik pengguna untuk mengikuti brand kalian, penting buat kalian untuk benar-benar terhubung dengan orang-orang ini. Beginilah cara kalian membuat video viral yang benar-benar diterjemahkan menjadi cinta brand jangka panjang.

Hal yang hebat? Algoritma TikTok sebenarnya memberi penghargaan kepada kalian karena melakukan ini juga. Memelihara komunitas follower kalian di TikTok bisa membantu kalian mencapai kesuksesan viral yang meluas.

Baca juga:

Exit mobile version