Strategi TikTok 2024: Bagaimana Cara Menumbuhkan Brand Anda

eTamu.id – Bagaimana kalian bisa mulai membangun strategi pertumbuhan TikTok yang sukses? Berikut panduan kami untuk membangun akun TikTok kalian, menjangkau lebih banyak pengguna, dan meningkatkan brand kalian.

Percayai kami, strategi pertumbuhan TikTok kalian adalah roda penggerak terpenting dalam rencana pemasaran media sosial kalian.

Rancang dengan baik, dan itu akan membentuk dasar momentum ke depan konten TikTok kalian, menjadi kunci rencana konten media sosial kalian, dan pemikiran yang akan memberi kalian hasil maksimal sekarang, dan di masa depan.

Menjadi viral di TikTok adalah satu hal. Tetapi mendapatkan kesuksesan yang langgeng? Itu membutuhkan perencanaan strategis yang berkepanjangan.

Sekarang, kami membagikan tips terbaik kami untuk mengembangkan strategi pertumbuhan yang benar-benar berhasil.

Apa Manfaat dari Strategi Pertumbuhan TikTok?

Strategi TikTok

Jika strategi pemasaran TikTok kalian menggambarkan setiap pos atau kampanye kalian, strategi pertumbuhan TikTok kalian mengacu pada keseluruhan lintasan yang ingin kalian capai.

Ada lebih banyak alasan untuk mengejar pertumbuhan TikTok daripada sekadar pengenalan nama online, tentu saja, meskipun itu bukan hal yang buruk.

Lagi pula, kami baru-baru ini menulis tentang cara meningkatkan SEO TikTok kalian, mengingat studi baru yang menunjukkan semakin banyak anak muda beralih ke TikTok daripada Google untuk meneliti produk dan layanan.

Meningkatkan pangsa suara kalian di TikTok berarti brand kalian adalah apa yang akan mereka temukan dan beli.

Muncul di atas pencarian adalah salah satu manfaat besar menjadi besar di aplikasi TikTok, tetapi meningkatkan kehadiran TikTok kalian juga bisa membantu kalian melakukan hal berikut:

1. Tingkatkan Brand Awarness

Hasil alami dari profil TikTok yang berkembang adalah semakin banyak pengguna TikTok yang akan mengetahui siapa kalian.

Ini berguna untuk alasan yang jelas. Lebih banyak kesadaran brand berarti lebih banyak pelanggan potensial, dan lebih banyak penjualan.

Nielsen baru-baru ini menemukan bahwa peningkatan 1% dalam kesadaran mendorong peningkatan 1% dalam penjualan di masa mendatang, yang merupakan bintang utara yang bagus bagi pemasar yang mengembangkan kampanye corong atas.

Dan di TikTok, kesadaran brand itu bisa lebih kuat – karena perpaduan yang memabukkan antara konten buatan pengguna (UGC) dan video.

62% konsumen menonton video ulasan produk sebelum melakukan pembelian. 84% konsumen yang disurvei yakin untuk membeli produk atau layanan setelah menonton video brand.

97% pemasar video melaporkan bahwa video meningkatkan pemahaman pengguna tentang produk atau layanan, dan 76% melaporkan video membantu mereka meningkatkan penjualan.

Tambahkan ke kemampuan UGC ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan tingkat konversi dan potensi hubungan langsung antara kesadaran video TikTok dan penjualan menjadi jelas.

2. Meningkatkan Persepsi

Meningkatkan kesadaran sangat penting untuk usaha kecil dan brand baru membangun suara mereka, serta brand mapan membangun proyek baru. Namun pertumbuhan TikTok juga bisa membantu membangun hubungan merek-konsumen dalam jangka panjang.

Peningkatan persepsi yang bisa kalian peroleh di kalangan anak muda melalui pemasaran di TikTok itulah yang membuat pemasaran TikTok begitu menarik.

Saat kalian mempertimbangkan demografi yang menarik platform, ukurannya, dan daya belinya, kalian bisa memahami nilai menarik mereka ke brand kalian.

TikTok memiliki lebih dari satu miliar unduhan dan membanggakan basis pengguna mayoritas Gen Z – generasi dengan perkiraan daya beli setidaknya $140 miliar, yang masih tumbuh menjadi daya beli penuh mereka.

Namun, untuk menjadi pilihan pertama generasi muda ini, kalian harus sukses di platform yang tidak seperti pesaingnya, dan yang menuntut jenis pemasaran brand yang sama sekali berbeda.

Ahli Strategi Kreatif Senior Fanbytes, Hannah Cole, mengatakan “Di TikTok, semua orang saling merespons”. Itu salah satu alasan mengapa keaslian menjadi kata kunci utama di kalangan pemasar.

Dengan merangkul keaslian ini, kalian akan menunjukkan kepada pengguna TikTok bahwa kalian memahami mereka – pada gilirannya, akan lebih mudah untuk menarik mereka ke brand kalian.

3. Lebih Efektif Memasarkan Peluncuran Baru

Efek samping lain dari audiens yang lebih besar dan lebih terlibat? Momentum yang lebih baik untuk peluncuran baru kalian.

Mengingat pendekatannya yang mengutamakan video, TikTok adalah alat yang ampuh untuk memasarkan produk baru: 91% anak muda mengatakan bahwa mereka lebih suka video daripada format pemasaran lainnya.

Saat berbicara tentang cara mendekati peluncuran kampanye di platform, Hannah merekomendasikan brand untuk mempertimbangkan menggunakan berbagai opsi media berbayar yang tersedia untuk pengguna TikTok.

Media berbayar “memastikan bahwa kontennya sampai ke orang yang tepat”. Ini juga berarti bahwa brand “mempelajari lebih banyak tentang pemirsa, dan memiliki data tentang siapa yang terlibat dengan konten tersebut sehingga kalian bisa menargetkan mereka lebih jauh”.

Meningkatkan kampanye pada peluncurannya memastikan penayangan video yang lebih tinggi, yang memberi kampanye kalian momentum yang bisa secara dramatis mendorong KPI bisnis lainnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang iklan TikTok, kalian bisa membaca perincian iklan berbayar kami di TikTok di sini, atau jelajahi pendahuluan kami untuk iklan belanja dan cantuman baru.

4. Peningkatan Lalu Lintas Ke Rute Langsung Ke Penjualan

Menumbuhkan pemirsa di TikTok adalah cara yang efektif untuk memperluas jangkauan konten kalian dan mengarahkan pengguna ke etalase dan situs web kalian sendiri – tetapi jangan lupa bahwa ini adalah platform e-niaganya sendiri.

Memanfaatkan pilihan fitur penjualan dalam aplikasi di TikTok adalah cara yang bagus bagi akun bisnis untuk memaksimalkan efektivitas jangkauan sosial mereka.

97% Gen Z menggunakan media sosial sebagai inspirasi untuk melakukan pembelian, dan sepertiga dari mereka yang menggunakan TikTok mengatakan bahwa mereka secara aktif menggunakan aplikasi tersebut untuk mengikuti tren dan pembelian terbaru.

Jangan lupa bahwa grup ini juga yang memimpin muatan ke perdagangan sosial (yang membeli langsung dari dalam platform media sosial daripada di situs web e-niaga), jadi optimalkan kehadiran TikTok kalian untuk mempersiapkan perubahan perilaku konsumen ini agar brand kalian tetap baik.

Dengan audiens yang lebih besar melalui pertumbuhan TikTok, itu adalah bisnis yang jauh lebih potensial untuk brand kalian.

Manfaat lain dari social commerce adalah menyediakan rute yang lebih langsung dari inspirasi ke checkout, yang berarti kemungkinan kehilangan potensi penjualan lebih rendah karena pengguna menegosiasikan situs web yang rumit dan solusi checkout e-commerce.

5. Belajar dari Komunitas Brand Kalian

Saat kalian mengembangkan komunitas TikTok, ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana mereka menggunakan TikTok, yaitu pengetahuan yang kemudian bisa kalian manfaatkan untuk keuntungan kalian.

Tumbuh di TikTok berarti membangun pusat komunitas brand di platform – tempat di mana pengguna bisa mempelajari brand kalian, mengikuti kalian untuk tetap mendapat informasi dan terhibur, dan terhubung dengan orang lain yang berpikiran sama.

Dan semua aktivitas ini sangat berharga sebagai informasi mendalam tentang karakteristik, keinginan, kepercayaan, dan interaksi pelanggan target kalian.

Anda akan bisa lebih memahami bagaimana audiens kalian berinteraksi dengan akun kalian dan satu sama lain. Dari sana, kalian bisa melihat jenis konten yang diminati audiens target kalian dan mana yang paling mereka tanggapi secara positif – semua pertimbangan penting yang kemudian bisa kalian prioritaskan dalam strategi konten kalian.

Semakin kalian tumbuh, semakin banyak data yang bisa kalian kumpulkan, dan semakin kalian bisa menyempurnakan proposisi konten online brand kalian.

Ini adalah siklus yang terus memberi; membangun brand kalian di antara audiens target kalian dan membantu kalian untuk benar-benar menjangkau pengguna yang paling kalian inginkan.

Ini memberi makan roda gila komunitas brand yang lebih kuat dan aktivitas kampanye yang lebih kuat – dan karena komunitas brand sangat penting dalam mengamankan loyalitas pelanggan dan mengurangi churn, ini adalah pembelajaran yang tidak bisa diabaikan oleh brand.

Strategi untuk Berkembang di TikTok

Seperti yang telah kami buktikan, mengambil pendekatan strategis untuk TikTok kalian sepadan dengan usahanya.Jadi, bagaimana brand bisa tumbuh di TikTok? Berikut adalah empat tip teratas kami untuk disertakan dalam strategi pertumbuhan TikTok kalian.

1. Ciptakan Identitas Konten yang Kuat

TikTok – dan khususnya, algoritma TikTok – menyukai konsistensi. Namun jangan biarkan hal ini membuat kalian takut untuk membuat hanya satu jenis video.

Sebaliknya, memastikan konten kalian didukung oleh strategi brand kalian yang lebih luas berarti area kreativitas baru masih bisa menciptakan kesan suara dan tujuan brand yang ramah – yang akan membuat pengguna ingin mengklik tombol ‘ikuti’ itu.

“Banyak [keberhasilan TikTok] yang harus diuji dan dipelajari,” saran Hannah. brand harus mempertimbangkan apa yang berhasil, dan bereksperimen dengan gaya yang berbeda, “vlog, video gaya, konten pendidikan… kalian bisa melihat apa yang bekerja dengan baik, dan apa yang tidak.”

Setelah kalian mengidentifikasi kesuksesan, kembangkan di atasnya. Video bisa diambil oleh algoritme kapan saja, yang berarti kalian perlu memastikan bahwa halaman brand kalian penuh dengan jenis konten yang ingin kalian kenal.

“Jika kalian memiliki video hit, kalian ingin orang-orang datang ke halaman kalian dan menemukan lebih banyak untuk dilihat,” jelas Hannah.

Dia memperingatkan agar tidak, “melompat ke tren lama apa pun dan kemudian memiliki halaman membingungkan yang tidak menunjukkan kepada orang apa yang ingin kalian capai.”

Di sinilah strategi seperti pilar konten dan rangkaian konten benar-benar bisa membantu mendorong pertumbuhan TikTok. Dengan serial yang sedang berlangsung, kalian membuat tujuan bagi audiens, memberi mereka alasan untuk kembali ke halaman kalian.

Tentu saja, rangkaian konten memiliki keuntungan tambahan karena menghilangkan tekanan untuk merencanakan konten yang benar-benar baru untuk setiap posting, memungkinkan kalian untuk lebih konsisten dengan jadwal posting, serta mulai ‘memiliki’ konten tersebut di mata kalian. hadirin.

TikTok adalah, “platform yang sangat jenuh,” kata Hannah, “jadi beri orang alasan untuk memeriksa halaman berikut mereka, serta FYP.”

2. Tingkatkan Konten Berkinerja Tinggi

Setelah kalian memiliki lebih banyak gagasan tentang jenis konten yang ditanggapi dengan baik oleh komunitas TikTok kalian, meningkatkan konten berkinerja tinggi secara strategis adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan seluruh profil brand kalian.

TikTok memungkinkan kalian meningkatkan video yang ada dengan mudah menggunakan solusi iklan TikTok: iklan percikan TikTok. kalian bisa mempelajari lebih lanjut tentang iklan percikan TikTok di sini.

Menurut Hannah, iklan berbayar “menciptakan buzz. Semakin banyak yang kalian buat dalam waktu singkat, semakin kalian memenuhi feed orang-orang.”

Menggunakan iklan dalam feed untuk menampilkan konten unggulan kalian adalah salah satu langkah pertama untuk memastikan kesuksesan lebih lanjut.

Itu karena kalian bisa “memastikan konten ditujukan kepada orang yang tepat, mempelajari lebih lanjut tentang audiens, dan memiliki data tentang siapa yang terlibat dengan konten tersebut sehingga kalian bisa menargetkan mereka lebih jauh”.

Kuncinya adalah menggunakan konten kalian yang berperforma tinggi, yang sudah kalian ketahui akan diterima dengan baik oleh audiens. Dengan cara ini, kalian memamerkan brand kalian dengan baik, dan memberikan alasan kepada pengguna untuk mengunjungi akun kalian.

3. Bekerja Dengan Tiktok Creator yang Tepat

Pemasaran influencer sangat besar di media sosial – dan untuk alasan yang bagus: influencer lebih dipercaya daripada iklan tradisional.

Pemasaran influencer di TikTok adalah cara terbaik untuk terlibat dengan pemirsa baru, karena tingkat keterlibatan mereka sangat tinggi.

Di TikTok, influencer Inggris membanggakan tingkat keterlibatan lebih dari 17%, dibandingkan dengan rata-rata 4,7% di Instagram dan 0,19% di Facebook.

Tentu saja, kalian harus memilih mitra influencer kalian dengan hati-hati, karena kepribadian merekalah yang kalian andalkan saat menyerahkan tugas pembuatan konten.

4. Bergabunglah Dengan Tren Tiktok

Menggulir Halaman Untuk kalian (FYP), kalian kemungkinan akan menemukan satu atau dua tren TikTok. Tren TikTok adalah jenis video – atau video – yang mendapatkan popularitas melalui banyak pengguna TikTok yang membuatnya kembali.

Merek-merek yang bisa secara efektif mengikuti video-video yang sedang tren ini telah mengalami pertumbuhan besar dan persepsi brand yang meningkat di mata pengguna TikTok, yang menghargai keterlibatan mereka dengan ekosistem TikTok.

Ada berbagai elemen dalam video TikTok mana pun, dan salah satunya bisa memacu tren TikTok. Ini termasuk tren suara TikTok (atau meme suara), tren tagar TikTok, dan tren tantangan TikTok (seringkali berbentuk tantangan tagar), tren tarian, tren jahitan dan duet, dan tren konten sederhana.

Memanfaatkan momen taktis adalah cara yang hemat biaya untuk menumbuhkan audiens, karena kalian bisa mengandalkan algoritme untuk meningkatkan konten yang memiliki ‘momen’ di platform.

Tren bekerja dengan baik untuk pertumbuhan TikTok karena mereka memanfaatkan sesuatu yang sudah disukai pengguna TikTok, yang berarti algoritme lebih cenderung menyajikannya ke lebih banyak pengguna – yang berarti lebih banyak keterpaparan.

Tetapi UI TikTok juga membantu: setiap kali pengguna mengetuk suara atau tagar yang sedang tren – dan semakin banyak, teks hyperlink saat TikTok masuk ke wilayah SEO Google – TikTok akan menampilkan konten berkinerja terbaik kepada pengguna menggunakan elemen itu.

Artinya, video ini mendapatkan lebih banyak penayangan. Tetapi itu juga berarti bahwa video TikTok yang berkinerja lebih buruk untuk tren TikTok tertentu – atau bahkan video yang terlambat bergabung dengan tren – bisa dengan mudah terkubur atau hilang.

Baca juga:

Exit mobile version