Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Secara Otomatis & Tips

Ini tahun 2023, dan inilah saatnya bisnis dan pemberi pengaruh media sosial mengetahui kebenaran tentang cara menjadwalkan postingan Instagram. Melakukan hal itu bisa membantu dalam segala hal mulai dari organisasi hingga meningkatkan followers.

Apakah akun itu profesional atau pribadi, perencanaan bisa menghemat waktu dan memungkinkan lebih banyak kreativitas.

Bisakah Menjadwalkan Posting Instagram?

Banyak bisnis mendapati diri mereka bertanya, “Bisakah kalian menjadwalkan posting Instagram?” Karyawan nggak akan selalu menemukan waktu di akhir pekan untuk berbagi konten. 

Dengan perencanaan, brand bisa berfokus pada hal yang paling penting bagi mereka alih-alih mencari tahu kapan harus memposting. Berlawanan dengan apa yang mungkin diketahui beberapa orang sebagai kebenaran, dimungkinkan untuk menjadwalkan posting sebelumnya.

Banyak orang mungkin melihat IG sebagai jaringan media sosial “in-the-moment”. Tapi, penting untuk diketahui bahwa penjadwalan postingan di Instagram secara otomatis bisa dilakukan. 

Bagaimana Cara Menjadwalkan Postingan Instagram?

Cara Menjadwalkan Postingan Instagram

Pada Januari 2018, Instagram mengumumkan bahwa bisnis bisa menjadwalkan satu postingan terlebih dahulu. Bahkan di tahun 2023, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna dengan akun bisnis.

Kalau kalian berharap mempelajari cara menjadwalkan postingan Instagram, lima langkah ini bisa membantu.

1. Siapkan Akun Bisnis

Untuk menggunakan fitur penjadwalan IG, kalian harus membuat profil bisnis. Salah satu solusi bagi mereka yang nggak punya jenis akun ini adalah memperbaruinya di pengaturan mereka.

Ini juga akan membantu kalau kalian ingin mendapatkan lebih banyak dari pengalaman media sosial mereka. Selain perencanaan, profil bisnis juga memungkinkan pengguna mengakses fitur lain, seperti Wawasan Instagram. 

Ini memberi pemegang akun informasi tentang usia, jenis kelamin, dan lokasi followers mereka. Ini juga akan memungkinkan individu untuk menambahkan tombol kontak dalam biografi mereka, sehingga memudahkan followers untuk berhubungan. 

2. Gunakan Tool Manajemen Media Sosial

Setelah menyiapkan akun dan memulai kalender konten, kalian harus mengetahui cara menjadwalkan postingan Instagram secara gratis. Untungnya, ada alat online yang tersedia untuk membantu.

Beberapa dari platform ini gratis, sementara yang lain dikenakan biaya. Bagi banyak pemberi pengaruh dan organisasi, menjadwalkan posting bernilai investasi. Kalian bisa mencoba: Social Media Management Tools Gratis

3. Rencanakan Posting Menurut Audiens Kalian

Dalam hal penjadwalan posting Instagram, salah satu praktik terbaik adalah tetap sinkron dengan mereka yang paling banyak terlibat dengan konten: audiens. Ini membantu individu mengumpulkan perhatian audiens ketika mereka kemungkinan besar sedang online.

Ini bisa berdampak positif bagi pembuat konten karena akan menciptakan peluang yang lebih besar bagi followers untuk terlibat dengan konten. Selain itu, ini juga pasti membantu dalam memahami kebiasaan dan perilaku online audiens mereka.

4. Mulailah Membuat Posting

Setelah kalender dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang akan kalian bagikan. Salah satu cara untuk sukses di sini adalah memastikan bahwa semuanya melekat pada suara perusahaan dan branding secara keseluruhan.

Banyak perusahaan berjuang dengan memutuskan posting apa yang akan diterima dengan baik oleh audiens mereka. Salah satu opsi adalah memulai dengan produk perusahaan. 

Ini akan menjadi cara yang bagus untuk membuat postingan yang berbeda dan kreatif tentang sesuatu yang mungkin tertarik untuk dipelajari lebih lanjut oleh audiens.

Pilihan lain adalah memposting tentang proyek-proyek menarik yang menjadi bagian dari perusahaan. Ini membantu followers mengenal organisasi dengan lebih baik.

5. Jadwalkan Posting di Instagram

Setelah konten dibuat, sekarang saatnya untuk berbagi. Dengan kemampuan merencanakan, bagian ini lebih mudah dan nggak memakan waktu.

Rencanakan untuk membagikan foto saat audiens lebih cenderung melihat dan berinteraksi dengannya. Menggunakan analitik Instagram bisa membantu mengetahui tren di antara waktu masuk untuk followers.

Pada titik ini, yang terbaik adalah menjadwalkan posting di Instagram dengan waktu yang fleksibel. Jangan rencanakan semua konten untuk keluar pada waktu yang sama setiap hari. 

Aplikasi Penjadwal Posting Otomatis Instagram Terbaik

Aplikasi Penjadwal Posting Otomatis Instagram

Meskipun IG sendiri nggak mengizinkan pengguna mengelola penjadwalan publikasi mereka, banyak alat luar yang melakukannya. 

Penjadwal posting Instagram bisa bekerja dengan sangat baik dalam strategi sosial dan kehadiran online seseorang, mulai dari mengatur kalender konten dan merencanakan posting hingga melaporkan aktivitas.

1. Hootsuite

Alat populer ini membantu mengelola kehadiran media sosial untuk banyak layanan dan akun. Setelah postingan dijadwalkan, kalian akan menerima notifikasi push saat tiba waktunya untuk berbagi. Proses pengeposan lainnya harus diselesaikan di aplikasi Instagram.

Nggak seperti alat lainnya, Hootsuite menyertakan fitur penjadwalan otomatis, yang memilih waktu posting terbaik berdasarkan keterlibatan followers.

Hootsuite menawarkan versi gratis dengan fitur terbatas. Ini mungkin opsi terbaik untuk pengguna volume rendah. Ada juga paket seharga $19 per bulan dan mencakup fungsionalitas tambahan.

2. Buffer

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola saluran media sosial mereka dengan lebih baik melalui penjadwalan. Jaringan yang didukung termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. 

Buffer dengan mudah digambarkan sebagai kombinasi dari aplikasi seluler dan layanan web. Saat menyiapkan postingan, pengguna nggak bisa mengedit gambar mereka. 

Ini berarti nggak ada cara untuk memangkas, menambahkan filter, atau menandai siapa pun hingga kalian benar-benar akan memublikasikannya.

Setelah postingan siap dipublikasikan, pengguna menerima notifikasi dari Buffer, mengingatkan mereka bahwa sudah waktunya untuk menerbitkannya. Dari sana, mereka harus masuk ke aplikasi untuk memposting konten secara manual. 

Ada penjadwal Instagram gratis yang hadir dengan semua fitur dasar, serta paket langganan berbayar dengan lebih banyak fitur.

3. Later

Ini adalah alat manajemen media sosial yang berfungsi di Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram. Itu juga bisa terhubung ke Foto Google atau Foto Dropbox untuk berbagi lebih cepat.

Aplikasi seluler dan layanan web ini penuh dengan fitur menarik, serta analitik dan metrik yang mendalam. Sebagai contoh, aplikasi bisa memberi tahu pengguna kapan harus memposting berdasarkan waktu interaksi yang tinggi.

Akun gratis memungkinkan individu bekerja dengan fitur-fitur dasar, termasuk kemampuan untuk menjadwalkan posting Instagram. 

Paket berlangganan bulanan memungkinkan bekerja dengan banyak pengguna, mengunggah video, dan berbagi lebih banyak konten per bulan. Paket-paket ini mulai dari $9 per bulan hingga $49 per bulan, tergantung pada fitur yang disertakan.

4. Tailwind

Platform ini berjanji untuk memberi pemasar Instagram suara cerdas yang dipersonalisasi. Dengan Tailwind, pengguna bisa mengotomatiskan banyak proses Instagram, seperti memperbarui biografi mereka dan mengoptimalkan postingan dengan SmartSchule dan Hashtag Finder.

Sebagai asisten cerdas, SmartSchedule memilih waktu untuk memposting berdasarkan waktu followers paling aktif. 

Pencari Hashtag adalah fitur lain yang membantu postingan menghasilkan kesuksesan, menggunakan tagar Instagram populer untuk membantu ditemukan oleh followers yang tepat.

Tailwind juga berperan besar dalam menghemat waktu dengan membuat daftar hashtag, menyarankan tag pengguna dan lokasi, serta memformat teks. 

5. Sprout Social

Sprout Social lebih diarahkan untuk tim dan agensi yang lebih besar daripada pengguna individu. Inilah sebabnya mengapa ini dikenal sebagai alat manajemen media sosial tugas berat.

Fitur Sprout Social meliputi:

  • Buat draf, jadwalkan, dan publikasikan postingan IG
  • Edit dan kelola postingan di suite penerbitan
  • Tag dan komentar langsung pada posting
  • Memberikan laporan mendalam
  • Tetapkan tugas kepada anggota tim
  • Buat kampanye yang menarik dan konten yang menarik

Uji coba gratis 30 hari ditawarkan bagi mereka yang ingin mencoba aplikasi sebelum melakukannya. Paket dasar mulai dari $59 per bulan.

Cara Menjadwalkan Postingan di Instagram Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Menjadwalkan Postingan di Instagram Tanpa Aplikasi

Sementara Instagram paling dikenal sebagai aplikasi seluler, banyak yang bertanya-tanya apakah mereka bisa memposting ke platform melalui desktop. Jawaban singkatnya di sini adalah ya. IG baru-baru ini meluncurkan fungsinya.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk menjadwalkan postingan di Instagram menggunakan desktop dan tanpa alat pihak ketiga.

Jadwalkan Postingan Instagram Menggunakan Creator Studio

Meskipun masih belum ada cara untuk memposting langsung dari Instagram, Creator Studio memungkinkan individu menjadwalkan postingan Instagram dan konten IGTV.

  1. Masuk ke Creator Studio di Facebook. Pengguna akan melihat semua profil yang terhubung ke akun Facebook mereka, termasuk IG, kalau ada.
  2. Hubungkan ke IG. Tombol “Coba Sekarang” di beranda Creator Studio akan memungkinkan pengguna menghubungkan akun Instagram mereka.
  3. Lihat konten dan wawasan akun. Menautkan akun memungkinkan pengguna melihat wawasan dan laporan saat mereka mengelola konten mereka di studio.
  4. Unggah kiriman kalian. Ada tombol “Buat Postingan” besar yang terletak di pojok kiri atas di Creator Studio. Mengklik tombol ini memberikan dua opsi posting: Feed Instagram atau IGTV. Dari sana, pengguna harus mengikuti petunjuk untuk mengunggah postingan mereka.

Cara Menjadwalkan Postinagan IG Dari Desktop

Menjadwalkan posting IG cepat dan membantu dalam menghemat waktu. Berikut sembilan opsi cara menjadwalkan postingan Instagram dari desktop.

  1. Klik ‘Buat Postingan’ dan pilih opsi Feed Instagram. Jendela pop-up kemudian akan mencantumkan semua akun. kalau beberapa profil terdaftar, pilih salah satu yang harus digunakan.
  2. Tulis keterangan. Tetap berpegang pada aturan pemformatan yang sama seperti yang muncul di IG. Sertakan sebutan dan tagar dalam keterangan.
  3. Tambahkan lokasi. Langkah ini nggak perlu tetapi sangat dianjurkan.
  4. Unggah foto dan video. Bagikan hingga 10 foto dan video dalam satu kiriman.
  5. Mengedit foto. Semua foto harus diformat dalam orientasi persegi atau lanskap. Ini bisa diperbaiki dengan memotong atau mengubah ukuran gambar.
  6. Selesaikan video. File video harus berdurasi antara 3 dan 60 detik dalam format 4:5 atau 16:9.
  7. Menerbitkan. Setelah selesai mengedit, tombol ‘Publikasikan’ akan berubah menjadi biru cerah. Ini berarti postingan siap untuk dibagikan.
  8. Jadwalkan postingan kalian. Di sebelah tombol terbitkan adalah panah drop-down. Ini memberikan opsi untuk menjadwalkan masa depan. Cukup pilih hari dan waktu dan klik ‘jadwal’.
  9. Setelah dipublikasikan atau dijadwalkan, postingan nggak bisa diedit di Creator Studio. Pengguna perlu melakukan pengeditan langsung di aplikasi IG.

Cara Berbagi Video IGTV Dari Desktop

Memposting dan menjadwalkan video IGTV hampir sama dengan menjadwalkan postingan Instagram. Setelah selesai, postingan IGTV akan ditampilkan di Perpustakaan Konten Creator Studio. Berikut adalah tujuh cara untuk menyempurnakan prosesnya.

  1. Klik ‘Buat Posting’ dan pilih opsi IGTV. Pilih akun yang tepat dan isi kolomnya.
  2. Pilih file dari komputer. Pengguna juga bisa memilih file dari halaman Facebook mereka.
  3. Tambahkan judul. Video nggak akan diunggah tanpa judul.
  4. Tambahkan deskripsi. Ini bisa mencakup tagar dan URL.
  5. Pilih gambar sampul. Unggah gambar khusus atau pilih dari thumbnail.
  6. Pilih opsi penempatan. Ini bisa termasuk IG atau Facebook.
  7. Publikasikan atau jadwalkan. Bagikan segera dengan mengklik ‘Publikasikan’ atau tunggu di masa mendatang dengan menyiapkan postingan menggunakan menu drop-down.

Manfaat Menjadwalkan Postingan IG

Manfaat Menjadwalkan Postingan IG

Waktu itu berharga. Pemilik bisnis, manajer pemasaran, dan pemberi pengaruh media sosial mengetahui hal ini. Mereka yang ingin meningkatkan keterampilan manajemen waktu mereka harus mencari sumber daya untuk membantu mereka melakukannya. 

Menemukan penjadwal Instagram, misalnya, hadir dengan banyak manfaat untuk tetap teratur dan menghemat waktu.

Posting Lebih Sering

Di media sosial, ada yang namanya memposting terlalu banyak dan terlalu sedikit. Di Instagram, disarankan untuk memposting nggak lebih dari sekali sehari. Followers sering terlihat terlibat dengan halaman yang terus-menerus membagikan pembaruan baru.

Perusahaan yang memposting setiap hari cenderung punya basis penggemar atau followers setia yang menantikan postingan baru mereka. Meluangkan waktu untuk memposting lebih sering bisa membantu menumbuhkan pemirsa baru dan setia.

Gunakan Waktu Secara Efektif

Membuat postingan IG punya banyak langkah, mulai dari memilih gambar dan menulis caption, hingga menambahkan hashtag dan mengunggahnya ke Instagram. Ini bisa sangat memakan waktu.

Menjadwalkan posting adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat waktu. Alat modern membuatnya lebih mudah untuk melakukan ini melalui fungsionalitas seret dan lepas. 

Dengan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memposting konten, pengguna kini bisa menggunakan waktu tersebut dengan lebih efektif.

Masukkan Lebih Banyak Kreativitas ke dalam Teks

Keterangan yang baik bisa memutuskan apakah seseorang mengambil tindakan dengan mengikuti atau terlibat dengan konten seseorang. Ada banyak arah yang bisa diambil saat memikirkan teks. Mereka bisa lucu, jenaka, pintar, informatif, tapi secara keseluruhan harus kreatif.

Membuat teks IG bisa jadi sulit. Mereka yang mendapati diri mereka terjebak pada teks potensial harus mempertimbangkan untuk mencari panduan dan feed balik dari orang lain.

Informasi: Ide bagus lainnya dalam membuat teks adalah meluangkan beberapa menit setiap Kamis atau Jumat untuk menulis semua teks untuk posting minggu berikutnya. Ini akan membantu untuk masuk ke zona menulis sambil tetap teratur, produktif, dan efektif.

Lebih Berhati-hatilah Saat Posting

Sebagai manusia, bisa dipahami bahwa kesalahan terkadang diabaikan. Misalnya, mungkin postingan diterbitkan terlalu dini dan perlu dihapus dan diposting ulang untuk mengatasi masalah tersebut.

Kalau organisasi menjadwalkan postingan Instagram, mereka punya kesempatan untuk meninjau, mengedit, dan meminta feed balik sebelum melanjutkan dengan postingan yang mungkin belum siap.

Beberapa kesalahan seperti salah ketik atau tanda baca yang hilang mungkin bukan masalah besar. Tetapi sesuatu seperti menyebarkan informasi yang salah tentang perusahaan atau menyatakan fakta yang nggak benar bisa merusak.

Apakah Penjadwalan di IG Layak Dilakukan?

Menjadwalkan posting Instagram nggak selalu mudah, tetapi seringkali diperlukan untuk mempertahankan bisnis atau brand pribadi seseorang. 

Melakukan hal itu telah membantu orang lain meningkatkan followers, tingkat keterlibatan, dan pendapatan bagi mereka yang terjebak dalam menjadwalkan postingan pada waktu yang ideal dan jadwal yang konsisten.

Apa saja cara lain pengguna berbagi dan menjadwalkan konten di IG? Di postingan kami selanjutnya akan menambahkan Cara Menjadwalkan Postingan Instagram yang lebih lengkap!

Baca juga: