TikTok Analytics: Bagaimana Cara Menggunakannya? Tips Pemula

eTamu.id – Menggunakan TikTok Analytics untuk mencapai KPI kampanye kalian membutuhkan latihan. Inilah tips dari kami tentang cara menggunakan TikTok analitik, plus cara menjadi yang terdepan dalam persaingan. TikTok Analytics bisa menjadi sahabat pemasar.

Tetapi hanya jika kalian tahu jalan di sekitar mereka. Agar brand bisa berkembang di TikTok, mereka perlu memahami cara mengakses analytics di aplikasi, mengekstrapolasi data yang mereka temukan, dan pada akhirnya menggunakannya untuk mengembangkan akun TikTok, dan bisnis mereka.

Saluran media sosial video-pertama memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Ini memberikan potensi besar bagi bisnis untuk menjangkau kumpulan besar pelanggan yang berharga; yaitu, audiens target kalian.

Tapi triknya adalah mengetahui cara mengubah pengguna TikTok menjadi penggemar brand kalian. Di situlah analytics berperan.

Alat analytics TikTok bisa membantu kalian menyesuaikan konten, mengenali cara meningkatkan pemasaran TikTok, dan membuat keputusan strategis untuk mencapai ROI yang lebih baik pada kampanye kalian.

Artikel ini adalah panduan utama untuk memahami analytics TikTok ini sehingga kalian bisa mengubah strategi konten kalian. Jadi mari kita masuk ke dalamnya.

Cara Memeriksa TikTok Analytics 2023

TikTok Analytics

Pertama: pastikan kalian telah beralih ke akun bisnis. Jika kalian bertanya-tanya, “Apakah analytics TikTok gratis?” jawabannya ya, tapi hanya untuk akun bisnis.

TikTok menyatakan bahwa akun semacam ini menyediakan “alat kreatif yang memberdayakan bisnis untuk berpikir seperti pemasar tetapi bertindak seperti pencipta”. Jadi hal pertama yang pertama, kalian perlu memastikan bahwa kalian telah melakukan peralihan itu. Begini caranya.

Cara beralih ke akun bisnis

  1. Buka aplikasi TikTok di ponsel kalian (perhatikan bahwa kalian tidak bisa melakukan ini melalui desktop)
  2. Pilih profil kalian di kanan bawah.
  3. Ketuk ikon menu di kanan atas.
  4. Pilih “Pengaturan dan Privasi
  5. Ketuk “kelola akun
  6. Anda kemudian akan melihat opsi “Beralih ke Akun Bisnis
  7. Pilih ini dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan peralihan.

Bagaimana Cara Mengakses TikTok Analytics?

Cara Mengakses TikTok Analytics

Setelah kalian beralih ke akun bisnis, kalian akan bisa mengakses analytics kalian. Begini caranya:

Cara Akses TikTok Analytics di HP

  1. Ketuk profil kalian di kanan bawah.
  2. Pilih menu di kanan atas layar kalian.
  3. Kemudian pilih “Creator Tool
  4. Ketuk “Analytics” untuk melihat data kalian.

Cara Akses TikTok Analytics di PC / Laptop

  1. Buka www.tiktok.com.
  2. Pastikan kalian masuk di akun yang benar.
  3. Arahkan mouse kalian ke ikon profil di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Lihat Analytics” dari menu tarik-turun.

Memahami TikTok Analytics Categories

TikTok Analytics Categories

Setelah dasbor analytics kalian aktif, kalian akan melihat beberapa opsi. Dasbor analytics dibagi menjadi 4 kategori berbeda. Ini adalah Ikhtisar, Konten, Pengikut, dan LANGSUNG. Mari kita jelajahi.

1. Overview

Tab ikhtisar adalah tempat kalian bisa melihat ikhtisar umum dari berbagai metrik untuk profil kalian. kalian bisa memfilter berdasarkan periode waktu (seperti minggu atau bulan lalu).

Atau, kalian bisa menyesuaikan rentang tanggal untuk mendapatkan data yang lebih spesifik. Dalam ikhtisar ini, kalian bisa mengakses yang berikut ini:

  • Tayangan video – total berapa kali video kalian dilihat selama jangka waktu tertentu
  • Tampilan profil – jumlah total berapa kali orang telah melihat profil kalian selama jangka waktu tertentu.
  • Suka – jumlah total suka yang dimiliki video kalian selama periode waktu tertentu.
  • Komentar – jumlah total komentar yang dimiliki video kalian selama jangka waktu tertentu.
  • Pembagian – jumlah total pembagian video kalian selama jangka waktu tertentu.
  • Pengikut – jumlah total pengikut yang dimiliki akun kalian dan pertumbuhan yang terlihat.
  • Konten – jumlah total video atau postingan yang telah kalian unggah.
  • LANGSUNG – jumlah total video LANGSUNG yang telah kalian hosting.

2. Content

Di sini kalian bisa melihat performa video kalian dan jenis konten apa yang paling populer. kalian juga bisa memfilter ini berdasarkan rentang tanggal dan memilih kerangka waktu tertentu untuk dinilai.

Kalian juga bisa melihat respons video individual seperti komentar dan suka di postingan TikTok kalian. Berikut metrik yang bisa kalian lihat dalam kategori konten TikTok:

  • Video trending – ini adalah sembilan video teratas yang memiliki pertumbuhan pemirsa tercepat selama 7 hari terakhir.
  • Tayangan video, suka, komentar, dan bagikan – kalian bisa melihat jumlah penayangan, suka, komentar, dan bagikan yang dimiliki setiap video kalian.
  • Total waktu putar – jumlah total waktu yang dihabiskan orang untuk menonton konten kalian.
  • Waktu tonton rata-rata – waktu rata-rata yang dihabiskan orang untuk menonton konten kalian.
  • Menonton video lengkap – berapa kali orang menonton video kalian sampai selesai.
  • Audiens yang dijangkau – jumlah total pengguna yang menonton video kalian.
  • Tampilan video berdasarkan bagian – ini menunjukkan dari mana orang datang untuk melihat video kalian (mis. FYP, profil, suara, dll).
  • Penayangan video berdasarkan wilayah – ini menunjukkan lokasi teratas pemirsa untuk pos tersebut.

3. Followers

Tab pengikut adalah tempat kalian bisa menemukan Tingkat Pertumbuhan Pengikut dan data lebih rinci tentang pengikut TikTok kalian juga. Bagian ini mencakup data ini:

  • Rasio gender – ini menunjukkan identitas gender pengikut kalian.
  • Wilayah – ini menunjukkan peringkat pengikut kalian berdasarkan negara.
  • Aktivitas pengikut – ini adalah waktu dan hari pengikut kalian paling aktif.
  • Video yang ditonton pengikut kalian – ini mengungkapkan jenis video yang ditonton pengikut kalian.
  • Suara yang didengarkan pengikut kalian – ini adalah suara teratas yang didengarkan pengikut kalian.

4. LIVE

Di sinilah kalian bisa menemukan wawasan khusus tentang postingan video LANGSUNG yang telah kalian hosting. kalian bisa kembali menentukan periode yang ditampilkan; namun, kali ini, kalian hanya bisa memfilter berdasarkan 7 hari atau 28 hari terakhir.

Itu juga menunjukkan kepada kalian berapa banyak Berlian yang kalian peroleh dari LIVE kalian.

  • Total penayangan – ini adalah jumlah total pemirsa di video langsung kalian.
  • Total waktu – jumlah total waktu yang kalian habiskan untuk menghosting video langsung.
  • Pengikut baru – pengikut baru diperoleh dari LIVE.
  • Jumlah pemirsa teratas – jumlah pemirsa LANGSUNG terbanyak pada satu waktu.
  • Pemirsa unik – jumlah orang yang melihat video LANGSUNG kalian setidaknya sekali.
  • Berlian – jumlah berlian yang kalian peroleh.

Metrik Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Di antara data yang disediakan TikTok dalam analytics, ada metrik lain yang bisa kalian gunakan untuk menilai strategi kalian.

1. Engagement Rates

Dengan tingkat keterlibatan rata-rata berdasarkan penayangan sebesar 6,72%, TikTok adalah platform media sosial dengan tingkat keterlibatan tertinggi pada tahun 2022. Jadi, inilah tempatnya jika kalian ingin membangun komunitas brand yang berkembang dan terlibat.

Untuk mengetahui tingkat keterlibatan kalian di platform, kalian perlu menggunakan rumus ini:

Total engagement / Total Follower x 100% = Tingkat Keterlibatan

Setelah kalian memiliki nomor ini, kalian bisa menggunakannya untuk mengukur kemajuan brand kalian di aplikasi dengan berbagai cara.

Ini bisa mencakup: membandingkan keterlibatan rata-rata kalian dengan tingkat keterlibatan yang kalian capai selama periode waktu tertentu atau untuk analisis dan perbandingan pesaing.

2. Post Reach Percentage

Jangkauan adalah metrik penting dalam analisis. Ini adalah jumlah TikToker unik yang telah melihat kiriman kalian setidaknya sekali selama jangka waktu tertentu. Untuk menghitungnya gunakan rumus ini:

Audiens Terjangkau / Total Pengikut) X 100 = Persentase Jangkauan Pos

3. Hashtag Metrics

Ini adalah sesuatu yang tidak bisa kalian lakukan melalui analytics TikTok, tetapi bisa membantu untuk menginformasikan strategi kalian. kalian bisa mengetahui jumlah video yang dimiliki hashtag untuk memahami popularitasnya.

Cukup ketik tagar di aplikasi dan lihat nomor yang sesuai. Misalnya. #TikTokMadeMeBuyIt memiliki lebih dari 28,5 miliar tampilan.

Cara Menggunakan Analytics untuk Menang di TikTok

Cara Menggunakan Analytics untuk Menang di TikTok

Ada beberapa cara utama untuk membedah data ini dan menggunakannya untuk keuntungan kalian. Berikut adalah tip teratas kami tentang cara menggunakan analytics kalian untuk menerapkan strategi TikTok kalian.

Nilai Tujuan Pemasaran Kalian dan Gunakan Analytics Dengan Tepat

Menentukan tujuan pemasaran media sosial kalian sangat penting saat membandingkan data kalian. Apakah kalian mencari peningkatan tingkat lalu lintas situs web? Generasi memimpin lebih lanjut? Tingkat keterlibatan yang lebih tinggi?

Peningkatan tingkat konversi? Setelah kalian mengetahui sasaran spesifik ini, menggunakan data ini akan membantu kalian menyempurnakan kampanye pemasaran untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya, jika kalian ingin:

1. Bangun komunitas

Jika akuisisi pelanggan jangka panjang adalah tujuan kalian, membangun komunitas TikTok yang solid dan menarik sangatlah penting. Untuk ini, kalian ingin menuju ke beberapa area di dasbor analytics TikTok kalian.

Lihat kategori ikhtisar dan nilai pertumbuhan komentar kalian di halaman profil kalian. kalian mungkin juga ingin melihat bagian konten dan memeriksa jenis konten mana yang mendapatkan keterlibatan paling banyak.

Tentu saja, untuk memahami seberapa kuat keterlibatan kalian dibandingkan dengan pesaing, kalian perlu menghitung ER mereka dengan cara analog — atau hubungi kami.

2. Meningkatkan kesadaran Brand

Untuk meningkatkan jangkauan kalian, kalian mungkin ingin memeriksa tab Konten kalian di analytics dan melihat “video trending” kalian. Ini akan membantu kalian memahami jenis konten yang berperforma baik dengan penayangan.

Kalian juga harus memeriksa metrik “penonton yang dijangkau” pada tab yang sama untuk memahami kecepatan pertumbuhan audiens kalian. Menganalisis “berbagi” pada konten kalian juga penting.

Catat video TikTok kalian yang paling banyak dibagikan untuk menginformasikan kampanye baru karena audiens kalian membantu menyebarkan pesan kalian lebih jauh.

3. Sesuaikan konten kalian dengan tepat

Analisis TikTok adalah alat yang brilian, tetapi hanya jika kalian tahu cara membuat keputusan berdasarkan datanya.

Cara terbaik untuk mengubah permainan TikTok kalian melalui metrik ini adalah dengan mengekstrapolasi narasi dan mengoptimalkan konten kalian untuk mencapai tujuan yang berbeda.

TikTok terus berubah, dan tren datang dan pergi dengan sangat cepat. Itulah mengapa analisis real-time yang konsisten adalah kunci dalam membuat jenis konten terbaik untuk memenuhi tujuan kalian.

Lihat konten tertentu dan catat mengapa kinerjanya baik. Ini tidak hanya akan membantu kalian membuat konten pembunuh baru, tetapi juga akan membantu kalian membentuk kampanye sukses yang menghasilkan ROI yang lebih baik.

Itu bahkan bisa membantu kalian bekerja dengan influencer. Memahami data kalian sendiri bisa membantu kalian mengetahui influencer mana yang paling sesuai dengan strategi kreatif kalian.

Sayangnya, kalian tidak bisa benar-benar memeriksa analytics TikTok mereka untuk menyelesaikannya.

Baca juga: