Algoritma TikTok 2024: Pahami Cara Kerjanya Agar Video FYP

eTamu.id – Seperti apa Algoritma TikTok di tahun 2024? Kami memiliki informasi lengkap tentang algoritma TikTok dan bagaimana kalian bisa menggunakannya untuk membuat brand kalian viral. Jadi mari kita mulai.

Algoritma TikTok. Ini telah menjadi topik hangat sejak awal kebangkitan TikTok, dan terus menarik intrik besar. Mengapa sangat berbeda dari platform media sosial lainnya, dan bagaimana kalian bisa menggunakannya untuk mencapai kesuksesan viral?

Pada akhir tahun 2021, TikTok menerima lebih banyak lalu lintas online daripada Google. Sejak saat itu, ini menjadi mesin telusur pilihan baru buat kaum muda. Semakin banyak pengguna yang bergabung dengan fitur pencarian intuitif dan antarmuka yang sangat dipersonalisasi.

Sekarang, di tahun 2024, semakin penting buat brand modern untuk memiliki kehadiran TikTok yang kuat dan menyempurnakan strategi pemasaran mereka. Tapi bagaimana kalian memulai?

Secara historis, platform sosial menjaga rahasia mereka tentang logika yang menginformasikan algoritma mereka, bagaimana mereka memprioritaskan posting media sosial dan apa yang mendorong konten tertentu atau akun media sosial menjadi “viral”. Tapi itu berubah!

Menavigasi algoritma TikTok bukanlah satu ukuran untuk semua, tetapi ada poin-poin penting yang kami rekomendasikan untuk setiap brand, dan mereka mendukung setiap kampanye sukses yang kami jalankan di TikTok.

Jadi, apa formula untuk sukses di TikTok? Itulah yang bakal kami bahas di sini.

Mengapa Kalian Harus Memahami Algoritma TikTok?

algoritma TikTok

Mengapa algoritma TikTok begitu banyak dibicarakan? Jawab: karena sangat intuitif. Inti dari algoritma TikTok adalah untuk membuat pengguna tetap terhubung ke aplikasi dan kembali untuk mendapatkan lebih banyak hal yang mereka sukai.

Oleh karena itu, merekomendasikan video pengguna yang menampilkan konten dan tema yang telah mereka nikmati dan nggak ada pengalaman dua pengguna yang sama.

Di platform media sosial lainnya, umpan konten pengguna (di TikTok, disebut ForYouPage atau FYP) diarahkan terutama untuk akun yang telah mereka pilih untuk diikuti. nggak demikian halnya dengan TikTok.

Saat membuka aplikasi, pengguna melihat konten dari campuran akun baru dan yang dikenal (besar atau kecil) itu ada karena algoritma TikTok memperkirakan mereka bakal menikmatinya.

Ini adalah berita besar untuk brand. Artinya, algoritma TikTok bekerja dengan merekomendasikan konten video kalian kepada orang yang paling kalian sukai, yaitu calon pelanggan ideal kalian.

Kalau demikian, kalian mungkin bertanya-tanya, “Mengapa kami nggak bisa memasang video dan berharap yang terbaik?”

Jawabannya adalah: kalian bisa. Tapi itu mungkin nggak mendapatkan daya tarik yang kalian inginkan. Ada prinsip-prinsip yang berperan di balik algoritma TikTok, jadi ada baiknya mempelajari dengan tepat apa yang dicari oleh sistem rekomendasi, sehingga kalian bisa unggul dari pesaing.

Pahami Algoritma TikTok ini Agar FYP

algoritma tiktok agar fyp

Bagaimana cara kerja algoritma TikTok? Berikut beberapa info langsung dari TikTok: “Sistem merekomendasikan konten dengan memeringkat video berdasarkan kombinasi faktor.

Mulai dari minat yang kalian nyatakan sebagai pengguna baru dan menyesuaikan hal-hal yang menurut kalian juga nggak kalian minati, untuk membentuk personalisasi kalian untuk feed kalian

Oleh karena itu, sebagai pengguna, konten yang kalian lihat di ForYouPage kalian dipengaruhi oleh beberapa faktor:

1. Interaksi Pengguna

Cara kalian berinteraksi dengan konten yang kalian lihat di aplikasi membantu menentukan konten baru apa yang bakal ditampilkan kepada kalian. Interaksi yang mendasarinya adalah:

  • Like, Share, Follow, dan Komentar – kalau kalian melihat video dan secara aktif terlibat dengannya, ini menunjukkan algoritma TikTok bahwa kalian tertarik dengan jenis konten ini.
  • Konten Sendiri – Berbagai jenis konten yang kalian buat di profil kalian bakal menginformasikan algoritma tentang jenis video yang ingin kalian lihat.
  • Penyelesaian tayangan dan memutar berulang – Ini kurang jelas. Algoritma TikTok memperhitungkan apakah kalian telah menonton video sampai akhir dan apakah kalian telah menontonnya kembali, untuk menentukan apakah kalian menganggapnya menarik – dan apakah kalian ingin melihat lebih banyak lagi.

2. Subjek & Kompatibilitas Video

Aktivitas pengguna TikTok memberi tahu algoritma TikTok jenis video yang mereka minati. Oleh karena itu, sisi lain dari teka-teki ini adalah agar algoritma memahami sendiri video baru dan menentukan apakah video tersebut cocok dengan jenis kategori yang disukai pengguna.

Faktor informasi video yang berperan adalah:

  • Teks dan Tagar – salinan yang ditambahkan poster TikTok ke video mereka bisa memberi tahu algoritma banyak hal tentang kontennya
  • Suara dan Efek – cara poster TikTok menginterpretasikan alat TikTok bisa memberi tahu algoritma tentang niche konten yang cocok dengan video tersebut.
  • Akun serupa yang menyukai video – kalau video populer dengan akun yang menyukai konten serupa, algoritma menunjukkan bahwa ini adalah video yang relevan untuk ditampilkan.

3. Pengaturan Perangkat dan Akun

Ini semua adalah faktor teknis seputar perangkat kalian. Ini nggak memiliki bobot sebesar interaksi kalian, tetapi tetap penting:

  • Tipe perangkat
  • Pengaturan lokasi atau negara
  • Preferensi bahasa

Kalian bakal melihat bahwa nggak ada dalam daftar ini yang kami sebutkan jumlah follower. Video populer di TikTok mungkin menarik banyak follower, tetapi apakah postingan kalian menjadi video viral atau nggak, nggak ada hubungannya dengan jumlah follower kalian.

Algoritma memprioritaskan kualitas dan relevansi konten kalian, bukan pengaruh sosial kalian.

Hal-hal yang Tidak Akan Ditampilkan Algoritma TikTok di FYP

Hal-hal yang Tidak Akan Ditampilkan TikTok di FYP

Kalian nggak bakal diperlihatkan konten di “For Your Page” yang:

  • Kalian nggak tertarik. kalau kalian mengetuk “Nggak tertarik” pada sebuah video, TikTok bakal menghindari mengirimkan konten yang mirip dengannya kepada kalian.
  • Mendaftar sebagai duplikat konten. kalau ada dua video dengan konten yang sama di luar sana, TikTok nggak bakal mengirimkannya kepada kalian.
  • Apakah sesuatu yang sudah kalian lihat. Algoritma berusaha untuk menyediakan konten segar secara konsisten.
  • Adalah spam. Apa pun yang ditandai sebagai nggak sah nggak bakal ditampilkan.
  • Bisa jadi nggak aman. Moderator TikTok berupaya menciptakan lingkungan yang aman buat semua orang.

Kode Algoritma TikTok untuk Brand

Kode Algoritma TikTok untuk Brand

Intinya, semakin banyak pengguna TikTok berinteraksi dengan video tertentu, semakin banyak video yang mereka lihat yang dianggap mirip oleh sistem rekomendasi. Bagaimana seharusnya kalian memikirkan hal ini sebagai sebuah brand?

Memahami minat, suka, dan keinginan pengguna target kalian bakal membantu kalian mengenali jenis konten apa yang harus kalian tampilkan di sana.

Ini adalah titik panggilan pertama ketika menjadi viral. kalau kalian ingin mengetahui beberapa tips orang dalam tentang ini, lihat artikel kami tentang Cara Menjadi Viral di TikTok pada tahun 2024.

Menjadi viral bukanlah segalanya (lebih lanjut tentang ini nanti), tetapi kalau kalian memposting video berkualitas yang menarik perhatian audiens kalian dan mematuhi peraturan dan regulasi TikTok, kalian bakal menang.

Bekerja dengan algoritma, kalian bisa meningkatkan kesadaran brand, meningkatkan keterlibatan, dan membangun komunitas online untuk membantu konten kalian mencapai level baru.

Bagaimana? Ada beberapa langkah khusus yang bisa kalian ambil untuk memastikan kalian mendapatkan hasil maksimal dari algoritma TikTok.

6 Tips untuk Mengalahkan Algoritma TikTok dan Menjadi Viral / FYP

Tips Mengalahkan Algoritma TikTok

Agar konten kalian sukses di TikTok, ada beberapa petunjuk yang harus kalian ikuti. Kami memiliki informasi mendalam tentang cara meretas algoritma dan melihat konten kalian melonjak.

1. Optimalkan Video Kalian

Seperti yang kami sebutkan di atas, tingkat penyelesaian dan tontonan ulang sangat penting di TikTok.

Segera setelah kalian membagikan video di TikTok, algoritma mengirimkan konten ke grup ForYouPages pengguna, tetapi hanya untuk jangka waktu singkat. Ini untuk membantu algoritma mempelajari tentang bagaimana pengguna TikTok terlibat dengan video kalian.

Metrik utamanya adalah waktu menonton dan rasio penyelesaian. Saat seseorang melihat konten kalian dari awal hingga akhir, algoritma bakal menampilkannya ke lebih banyak orang.

Ketika berbicara tentang video TikTok (seperti gulungan dan celana pendek YouTube), ada saatnya pemasar bakal merekomendasikan sentimen “semakin pendek, semakin baik”. Lagi pula, kalian ingin memudahkan pemirsa untuk melihatnya sampai akhir.

Tetapi pada tahun 2024, itu mungkin nggak berlaku lagi. Algoritma TikTok sedang berubah, dan konten kreator adalah pusat dari perubahan ini.

Akhir tahun lalu, TikTok mengumumkan peluncuran monetisasi untuk kreator yang membuat konten “paling menarik”. TikTok Creator dengan 100.000+ follower bakal menerima pembagian 50% dari pendapatan iklan dari TikTok lewat fitur periklanan barunya, TikTok Pulse.

Ini berarti mungkin ada perkembangan alami untuk video yang lebih panjang di FYP kalian karena video yang lebih panjang memiliki peluang lebih tinggi untuk menghasilkan lebih banyak uang lewat pendapatan iklan.

Tentu saja, konten tajam bakal tetap populer (itulah salah satu alasan saluran tumbuh begitu cepat), jadi jangan fokuskan seluruh energi kalian pada format panjang. Campuran yang sehat harus berhasil, terutama untuk kaum muda.

Mereka lebih suka menonton video yang lebih pendek tetapi juga memiliki kapasitas untuk menghabiskan berjam-jam konten. Jadi, bangkitkan keingintahuan mereka dengan intro yang menarik perhatian dan pikat mereka untuk menonton video yang lebih lama.

Meskipun kalian harus mengingat durasi video, kalian juga harus merekamnya dengan cara yang benar. Video TikTok yang direkam secara vertikal memiliki rasio tontonan 6 detik rata-rata 25% lebih tinggi.

Jadi telepon tegak dan jari siap di tombol stop. Pandangan dan keterlibatan kalian bergantung padanya. Cara lain untuk mengoptimalkan konten TikTok kalian adalah dengan bereksperimen dengan fitur baru saluran.

Inovasi terbaru mereka sering kali memiliki tutorial online dan antarmuka yang mudah digunakan. Platform tampaknya memprioritaskan posting carousel saat ini (format konten baru yang mereka rilis tahun lalu yang mirip dengan carousel Instagram).

Bereksperimenlah dengan fitur dan format aplikasi baru untuk melihat mana yang bekerja paling baik. kalau kalian melakukannya dengan benar, kalian bakal menumpang untuk meningkatkan jangkauan dan pertumbuhan organik yang luas.

2. Pahami SEO TikTok

Menggunakan kata kunci dalam konten kalian sangat penting, tetapi untuk memahami cara benar-benar membuka kunci algoritma TikTok dan membuat konten kalian mendarat di Halaman Untuk kalian pelanggan kalian, kalian perlu memperluas gagasan kalian tentang apa itu SEO.

Apa yang kita maksud? Bayangkan ini. kalian membuat video yang memamerkan fitur produk kalian, memasukkan beberapa kata kunci keren tentang produk tersebut dan menggunakan data untuk memastikan kata kunci ini memiliki daya tarik.

Kalian sedang dalam perjalanan untuk diperhatikan oleh pencari TikTok. Tentu saja, pengguna ini kemungkinan besar sudah tahu tentang produk kalian atau, kalau nggak, masalah yang dipecahkannya.

Tapi bagaimana dengan membangun kesadaran brand? Bagaimana dengan mengakses prospek ToFu yang kebetulan merupakan klien potensial yang ideal?

Muncul di bagian atas bilah pencarian di TikTok semuanya baik dan bagus untuk pemasaran MoFu, tetapi SEO TikTok bisa membantu kalian menjangkau pengguna dengan lebih dari satu cara.

Orang-orang datang ke TikTok untuk mendapatkan konten yang dikuratori dengan sempurna yang sesuai dengan minat mereka. Algoritma melakukan penyajian.

Jadi brand kalian perlu bekerja dengan algoritma dengan benar-benar mendalami jenis konten yang ingin dilihat oleh pelanggan ideal kalian.

Manfaatkan SEO dengan cerdik untuk muncul di FYP pelanggan potensial kalian dan kirimkan konten otentik di sekitar percakapan mereka.

3. Tetap Mengikuti Tren

TikTok adalah aplikasi trendsetter. Ada beberapa cara untuk memastikan kalian tetap mengetahui apa yang sedang terjadi:

  • Efek yang sedang tren: Lihatlah efek apa yang ada di platform dan gunakan. Lihat “tab temukan” dalam aplikasi kalian dan lihat efek apa yang paling sering muncul. Ini kemungkinan besar bakal menjadi tren dan siap digunakan.
  • Sound yang sedang tren: 88% pengguna TikTok mengatakan bahwa suara sangat penting untuk pengalaman TikTok. Gunakan yang sedang tren di konten kalian. Seperti efek, ini semua tentang melihat apa yang digunakan orang lain dan bergabung. Pastikan untuk menemukan suara lewat aplikasi.
  • Hashtag yang sedang tren: kalian bakal menemukannya, bersama dengan efek tren dan audio di video orang, di halaman temukan. Itu selalu baik untuk menggabungkannya dengan tagar khusus juga, sehingga kalian mendapatkan berbagai macam audiens. kalian juga bisa bergabung dengan tantangan hashtag untuk mendapatkan jangkauan ekstra.

Bagaimana kalian bisa selalu memastikan bahwa kalian sedang tren? kalian bisa baca artikel kami tentang TikTok Trend Discovery.

Ini memberikan pembaruan tren TikTok tepat waktu, ditambah bagaimana brand kalian bisa menggunakannya dan mendarat di kotak masuk kalian setiap hari Selasa.

4. Dorong Keterlibatan (Engagement)

Kami telah menetapkan bahwa TikTok merespons aktivitas yang dilakukan pengguna saat mereka melihat video. Oleh karena itu, membuat konten yang mendorong keterlibatan adalah cara terbaik untuk memanfaatkan algoritma TikTok dan memastikan kalian ditampilkan ke lebih banyak orang.

Tetapi bagaimana kalian mendorong orang untuk menyukai, mengomentari, atau membagikan video kalian? TikTok memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada Instagram dan Youtube, dengan rata-rata 17,96%.

Itu artinya ini adalah platform yang sempurna untuk membuat orang terhubung. Hancurkan tembok keempat dan ajukan pertanyaan kepada audiens kalian, atau buat konten seputar topik yang ingin dibicarakan orang.

Alternatifnya, kalian bisa berkolaborasi dengan seseorang yang ahli dalam mendapatkan keterlibatan terbaik. Itu benar: pemberi pengaruh adalah cara yang luar biasa untuk terlibat, jadi pikirkan tentang kemitraan di masa mendatang.

Bekerja dengan kreator yang tepat adalah kuncinya. kalian memerlukan bakat yang selaras dengan nilai brand kalian untuk membuat konten autentik dan memaksimalkan ROI.

Kami menggunakan Bytesights, alat mendengarkan sosial dan wawasan data internal kami, untuk menemukan pemberi pengaruh yang ideal buat klien, jadi kami tahu setiap kampanye bakal berhasil.

5. Melangkah Lebih Jauh dari Sekedar Mengejar “viral”

Sukses di TikTok lebih dari sekadar “menjadi viral”. Memiliki satu konten dengan banyak penayangan nggak bakal memberi kalian hasil yang kalian cari.

Kalian harus membuat strategi yang terinformasi untuk terhubung dengan pelanggan baru dan yang sudah ada serta mencapai pertumbuhan brand yang berkelanjutan.

Setiap konten yang kalian keluarkan harus melayani tujuan bisnis jangka panjang kalian. Jangan membuat konten dengan tujuan tunggal untuk menjadi viral.

Materi pemasaran media sosial kalian perlu mengatakan siapa kalian di setiap langkah dan mengomunikasikan pesan yang ditargetkan.

Artikel kami tentang Cara Agar Viral di TikTok membahas nggak hanya bagaimana menjadi viral di TikTok tetapi juga bagaimana menjaga momentum itu dan mendorong pendapatan yang stabil di saluran.

6. Kuasai Niche Kalian

Untuk mencapai kesuksesan berkelanjutan dengan algoritma di TikTok; brand kalian perlu memahami seluk-beluknya. Kami telah menetapkan bagaimana algoritma memahami audiens kalian, tetapi sekarang brand kalian perlu menargetkan mereka secara berlebihan.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah lewat “niching”. Tetapi ketika kalian menggunakan niche, kalian menghadapi persaingan dan banyak konten lainnya.

Sebaliknya, kalian harus menjadi niche pasar kalian. Jadilah orisinal dan gunakan brand kalian untuk menciptakan gaya, topik, dan nada suara tertentu di platform. kalian ingin orang mengingat brand kalian, bukan kategori kalian.

Saat memikirkan brand teratas di TikTok, kalian bakal melihat bahwa mereka semua memiliki kesamaan. Mereka asli. Lihat saja kesuksesan @chipotle di channelnya. Itu karena mereka menjadi niche mereka (humor Gen Z aneh dengan sisi taco, siapa pun?).

Kalau kalian ingin mencap otoritas kalian di saluran, brand kalian perlu melakukan hal yang sama.

Kesimpulan

Apa lagi kunci sukses di TikTok? Memiliki pesan brand yang bisa dimiliki, otentik, dan bisa dihubungkan.

Tips yang kami bagikan dalam artikel ini sangat penting untuk pertumbuhan akun TikTok kalian, tetapi nggak ada templat yang mudah diperbaiki untuk strategi kemenangan.

Jangan lupakan hal nomor satu yang perlu kalian perhitungkan dalam semua konten kalian: menunjukkan siapa diri kalian.

TikTok bukanlah ruang untuk hanya menampilkan pesan brand kalian yang paling halus dan sempurna. 64% pengguna TikTok mengatakan mereka bisa menjadi diri mereka yang sebenarnya di platform, dan mereka mengharapkan kalian melakukan hal yang sama.

Brand yang paling baik menggunakan platform ini adalah mereka yang nggak takut untuk bereksperimen dan berbagi lebih banyak tentang kepribadian orang sungguhan yang menjalankan akun TikTok merek mereka.

Buat pengait yang bisa dihubungkan dengan orang, dan tunjukkan sisi menyenangkan kalian.

Baca juga:

Rian Wijaya