TikTok Search User dan Akun: Cara Menjangkau Audiens Muda

eTamu.id – TikTok search bersaing dengan Google untuk audiens muda, tetapi itu adalah binatang yang sama sekali berbeda, dengan keuntungan yang berbeda. Inilah cara menggunakannya untuk keuntungan kalian.

TikTok search sendiri terus menanjak daftar tren marketer untuk diteliti. Nggak sulit untuk memahami alasannya  terutama buat brand yang tertarik menyasar kaum muda.

Data menunjukkan bahwa anak muda telah mengubah kebiasaan pencarian penting dari Google ke platform media sosial seperti TikTok dan Instagram  sedemikian rupa sehingga para pemimpin Google memperhatikan.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Prabhakar Raghavan, Wakil Presiden Senior yang bertanggung jawab atas Google Penelusuran, mengatakan bahwa, “Hampir 40% anak muda, saat mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka nggak membuka Google Maps atau Google Search [ …] Mereka pergi ke TikTok atau Instagram.”

Ini adalah perubahan perilaku yang sangat menarik, karena elemen fungsi pencarian unik TikTok memiliki potensi besar buat brand yang bisa menggunakannya secara efektif untuk meningkatkan dan mengarahkan lalu lintas.

TikTok Search

TikTok, pertama dan terutama, adalah platform media sosial. Ini bukan search engine, namun sering kali ini menjadi tempat panggilan pertama buat Gen Z untuk mencari informasi, oleh karena itu julukannya, “Google baru”.

Tapi bukan hanya pengguna yang lebih muda yang menemukan informasi tentang dunia lewat TikTok. Ofcom baru-baru ini menemukan bahwa TikTok adalah sumber berita dengan pertumbuhan tercepat untuk orang dewasa di Inggris.

Banyak pertumbuhan TikTok sebagai sumber penelitian di antara pengguna tergantung pada aspek komunitas aplikasi dan ekosistem yang luas dari pemberi pengaruh dan konten kreator.

Yang dikenal lebih dipercaya daripada bentuk iklan lainnya, dan yang opini oleh karena itu pengguna muda mencari sebelum membuat keputusan pembelian produk, misalnya.

Tetapi TikTok search juga berfungsi dalam beberapa cara yang berbeda dari Google search standar  dan Gen Z khususnya menggunakannya dalam beberapa cara yang unik dan menarik:

1. Belanja Pakaian

Brand fashion sering mendapat kecaman karena menggunakan pemodelan non-inklusif di situs web mereka terutama dalam kasus tubuh berukuran plus dan cacat.

TikTok search bakal memecahkan masalah itu untuk audiens muda, yang telah mengetik kode SKU item langsung ke bilah TikTok search.

Dengan melakukan ini, pengguna Tiktok bisa menemukan dengan tepat seperti apa produk yang mereka telusuri di berbagai tubuh nyata yang berbeda lewat video TikTok  tanpa sentuhan yang sering terjadi pada pemotretan iklan resmi dan fotografi e-niaga.

2. Melihat Pengumuman Budaya Pop

Berita budaya dan pembaruan khusus TikTok nggak diragukan lagi lebih mudah ditemukan di aplikasi berbagi video daripada di search engine ‘tradisional’.

Itu salah satu nilai jual terbesar TikTok bahwa platform ini sangat reaktif  hanya ada sedikit penghalang (dan karena itu sedikit waktu) antara pengguna melihat sesuatu, merekam beberapa klip video pendek, dan memposting semuanya ke audiens yang berpotensi besar.

Dan karena algoritme TikTok sama reaktifnya, video yang berisi informasi yang kalian cari menjadi tren dengan cepat  dalam waktu singkat dibutuhkan halaman web untuk mendarat di bagian atas hasil Google search.

Jadi, ketika sesuatu yang mengejutkan terjadi, pencarian trending di halaman penemuan TikTok mencerminkan masuknya konten baru yang diposting  dan video trending teratas mencerminkan informasi trending baru.

Yang telah menyebabkan fenomena sosial lainnya: orang-orang mengeluh bahwa mereka adalah yang pertama mengetahui tentang acara yang layak diberitakan lewat postingan reaktif lelucon di aplikasi TikTok.

3. Berbagi Gosip dan Diskusi

Pengguna TikTok menyukai komunitas  59% mengklaim bahwa mereka merasakan komunitas saat berada di aplikasi, dan mereka adalah anggota aktif dalam komunitas online tersebut, mencakup contoh komunitas mikro yang luas dan beragam di seluruh platform.

Seperti yang telah kita bahas dalam panduan kami untuk menggunakan TikTok untuk iklan TV, pengguna Gen Z senang berpartisipasi dalam hub online yang berpusat pada konten yang ingin mereka konsumsi.

Mereka bergabung dengan subreddit, memulai saluran perselisihan, dan bergabung di bagian komentar aktif di TikTok.

Ini adalah perbedaan penting: nggak seperti Google search, pencarian yang terjadi di TikTok nggak mencari hal itu sendiri  mereka mencari diskusi seputar hal tersebut.

Misalnya, kalau mereka mencari acara TV, pengguna TikTok nggak mencari streaming acara TV itu di TikTok, mereka mencari pendapat orang-orang tentang acara tersebut, suntingan lucu mereka, kreasi penggemar, atau klip terkenal.

Oleh karena itu, TikTok search memenuhi peran yang sama sekali berbeda dalam proses penemuan  itulah sebabnya membangun komunitas di sekitar produk atau brand kalian sangat penting untuk kesuksesan TikTok yang berkelanjutan.

4. Mencari Tempat Tujuan

Demikian pula, TikTok adalah titik awal yang populer buat pengguna yang mencari tempat untuk dikunjungi, dan pengalaman untuk dimiliki, secara offline.

Sebelumnya merupakan situs unik seperti Tripadvisor, kini pengguna menelusuri video TikTok yang diberi tag (atau di Instagram) untuk melihat sekilas apa yang bisa mereka harapkan dari sebuah perjalanan.

Jenis pencarian ini bisa dengan mudah memicu trennya sendiri (seperti sandwich tuna Joe & the Juice yang sedang tren di FoodTok, yang telah mengilhami resep peniru, ulasan, dan lainnya)  atau sekadar memberikan titik awal untuk penelitian lebih lanjut.

Video listicle sangat populer di niche ini. Konten TikTok seperti ‘5 brunch terbaik untuk dicoba di London’, atau ‘Yang harus dilakukan di Portugal’; artinya terlepas dari skor ulasan Google suatu bisnis, video ini bisa mendorong banyak pengguna Gen Z melewati pintu tersebut.

5. Mencari Lewat Suara

Ini bekerja mirip dengan bagaimana Google search untuk ‘gambar terkait’ bakal mengembalikan gambar dengan estetika yang mirip dengan apa yang dicari atau dicari pengguna.

Di TikTok, ketika suara dan audio tertentu diasosiasikan dengan tren, pengguna TikTok mencari menggunakan audio tersebut untuk menemukan konten yang sesuai dengan estetika yang mereka sukai.

Mengapa TikTok Search Lebih Baik daripada Google?

TikTok Search Lebih Baik daripada Google

Ini adalah klaim yang berani secara keseluruhan  dan bukan yang harus kita gandakan  tetapi nggak bisa disangkal bahwa setidaknya dalam beberapa hal, TikTok lebih baik untuk marketer daripada Google:

1. Di Situlah Penonton Muda Berada

TikTok adalah situs media sosial favorit Gen Z  69% anak muda dilaporkan menggunakan platform ini.

Ini berarti brand bisa yakin bahwa upaya pemasaran digital mereka untuk mendapatkan visibilitas bakal secara langsung menghasilkan lebih banyak penayangan dari audiens target mereka yang tertarik dan nggak perlu mengarahkan konten ke audiens yang lebih luas atau melawannya dengan pesaing besar yang digunakan secara universal untuk mencetak posisi teratas dalam pencarian.

2. Algoritma Menyarankan Pencarian Serta Menjawabnya

Tak lagi terbatas di pojok kanan atas, kini TikTok search juga bisa diakses lewat saran yang muncul di bagian bawah layar kalian (ditandai di bagian komentar) selama video berlangsung.

Pengguna hanya perlu mengetuk pencarian untuk melihat video terkait  seperti ‘pakaian untuk ski’ yang disarankan dalam video ‘tujuan liburan terbaik untuk musim dingin’, misalnya.

Struktur siklus ini berarti bahwa pengguna bisa dengan mudah beralih dari satu topik ke topik lainnya  dan memberi kesempatan kepada marketer untuk memperluas fokus konten mereka, karena memposting nggak hanya tentang niche khusus kalian tetapi juga niche terkait bisa menarik pengguna yang awalnya nggak menelusuri konten kalian yang tepat.

Cara algoritma TikTok mengambil konten populer juga berarti bahwa konten yang berhasil didorong lebih jauh ke bawah Halaman Untuk kalian milik pengguna, kemudian menginspirasi lebih banyak pencarian, dan menciptakan efek siklus pencarian-inspirasi-pencarian yang meningkatkan video.

TikTok adalah titik nol. Saat ini, sering kali ini menjadi tempat pertama buat pemirsa muda untuk menemukan sesuatu, atau mencarinya sendiri, tetapi banyak dari penelusuran tersebut berpindah dari platform ke Google dan juga mesin telusur lainnya.

Selain itu, meskipun 68% anak muda menyatakan minat untuk membeli langsung dari linimasa sosial mereka, sejumlah besar masih memilih untuk pindah ke tempat lain setelah terinspirasi di platform sosial.

Tagar #TikTokMadeMeBuyIt yang populer (yang saat ini memiliki lebih dari 32 miliar penayangan hingga Natal 2022) penuh dengan bukti perilaku ini.

Pengguna berbicara secara terbuka tentang bagaimana, setelah melihat barang yang diiklankan atau diulas di TikTok, mereka kemudian membelinya sendiri.

Data dari Google telah menunjukkan lonjakan pencarian item yang sedang tren di TikTok  seperti peningkatan 501% dalam Google search untuk ‘Negroni Sbagliato’ setelah audio dari bintang Game of Thrones yang membahas minuman tersebut menjadi viral.

Menarik buat pemasar, Fanbytes by Brainlabs bersama dengan Brainlabs baru-baru ini melangkah lebih jauh  membuktikan hubungan langsung antara pemberi pengaruh dan tindakan di luar platform.

4. Kalian Bisa Memanfaatkan Influencer untuk Volume Pencarian

Mengikuti kampanye baru-baru ini, Fanbytes by Brainlabs bisa melihat  dan yang paling penting, mengukur  peningkatan yang nyata dalam Google search sebagai akibat langsung dari kampanye TikTok yang dipimpin oleh influencer.

Hasil kampanye menyoroti bahwa, ketika konten influencer semakin populer, Google search terkait menjadi lebih populer menyiratkan bahwa pengguna, setelah menonton konten TikTok influencer, telah menavigasi ke Google untuk mencari brand di web, akhirnya mendarat di pendaratan brand itu sendiri halaman.

Kami bahkan bisa memisahkan efek pemasaran influencer dari hasil pemasaran brand lain untuk menentukan dengan tepat seberapa besar dampak kampanye pemasaran influencer Tiktok terhadap Google search dan pembagian suara.

Ini berarti kita sekarang bisa mengukur efek pemasaran influencer  akhirnya membuktikan korelasi terukur antara aktivitas influencer TikTok dan peningkatan Google search.

Pekerjaan ini adalah yang pertama di dunia pemasaran influencer, dan kami sangat bersemangat untuk membawanya ke merek-merek baru. Kami terus memelopori cara baru untuk berpikir bersama di seluruh pemasaran influencer, media sosial, dan ekosistem pemasaran digital yang lebih luas.

Seperti yang kita lihat kemampuan search engine TikTok sendiri tumbuh, langkah yang menarik adalah mengkorelasikan secara kuantitatif efek pemasaran influencer TikTok dengan pertumbuhan TikTok search  sesuatu yang bisa memberi makan lingkaran inspirasi-pencarian-inspirasi dan melihat pangsa suara brand tumbuh secara eksponensial.

TikTok search mengganggu apa yang kita ketahui tentang cara anak muda bernavigasi secara online, dan itu bukan hanya karena mereka mengikuti umpan sosial mereka.

Oleh karena itu, marketer harus memperluas pemahamannya tentang peran aplikasi media sosial; itu mempengaruhi pencarian di dalam dan di luar platform, itu beroperasi pada beberapa tingkat yang berbeda, dan itu nggak hanya menjawab pertanyaan  itu menginspirasi mereka.

Bentuk unik pencarian aktif vs pasif ini berarti audiens muda bisa ditemukan nggak hanya dengan menargetkan niche market yang tepat, tetapi juga dengan memperluas penawaran online kalian untuk menanggapi bidang pertanyaan yang lebih luas.

Belum lagi, ada alasan untuk merayakan, karena marketer akhirnya bisa membuktikan hasil terukur dari kampanye influencer di luar platform juga.

Dan, kalau pembaruan dan peningkatan TikTok sebelumnya merupakan indikasi, marketer harus berharap untuk mendengar lebih banyak di tahun baru tentang fungsi TikTok search.

Kami menyarankan biar halaman kalian dioptimalkan lebih awal  dengan begitu, kalian berada di urutan pertama untuk memanfaatkan setiap pembaruan UI yang bakal memberikan manfaat material buat brand di platform.

Kalau kalian ingin mendiskusikan bagaimana kami bisa membuat brand kalian ditemukan di search engine TikTok dan bahkan membuat konten influencer yang bakal meningkatkan jumlah pengguna yang mencari brand kalian, hubungi kami.

Baca juga: