TikTok Trend Discovery: Temukan Hashtag Viral & Kreator 2023

eTamu.id – TikTok Trend Discovery membuat kalian bingung? Kami berbagi pengetahuan orang dalam tentang alat baru ini dan cara menemukan tren terbaik untuk kampanye kalian. TikTok Trend Discovery adalah alat terbaru saluran video pertama. 

Bukan rahasia lagi bahwa tren penting di TikTok. Bahkan, salah satu slogan saluran tersebut adalah “tren dimulai dari sini”. Mengapa tren dimulai pada aplikasi? Ini adalah tempat discovery. 

84% pengguna TikTok mengatakan bahwa saluran tersebut adalah sumber untuk menemukan atau mempelajari sesuatu yang baru. 

Kecenderungan ke arah discovery ini telah menghasilkan lingkaran perdagangan sosial khusus TikTok di mana discovery mendorong pembelian, dan pembelian memicu discovery.

Singkatnya, tren menjual. Jadi, brand harus bergabung kalau ingin menghasilkan prospek. Namun nggak ada gunanya hanya mengikuti setiap kereta musik yang kalian lihat dan mengharapkan ROI yang meningkat. 

Pemasaran TikTok yang sukses dimulai dengan memahami audiens kalian dan berkembang dari sana. Video TikTok yang sedang tren bisa membantu menginspirasi pendekatan kalian, tetapi kalian harus bertanya pada diri sendiri apakah target pasar kalian ingin melihat tren tersebut.

kalian perlu tahu apa yang sedang panas, apa yang nggak dan apa yang seharusnya menjadi tren terbaik untuk target pasar kalian. Kemudian kalian bisa mulai mengukur hasil. 

Jadi, bagaimana kalian menemukan tren TikTok? Kami punya senjata rahasia. 

Apa itu TikTok Trend Discovery?

tiktok trend discovery

TikTok Trend Discovery adalah alat penelusuran tren TikTok untuk Bisnis yang terletak di “Pusat Kreatif” aplikasi. Di sini, kalian bisa menemukan tren terbaru, kreator, dan hashtag viral.

TikTok dulu memiliki Discover Tab tetapi menggantinya dengan sistem baru ini. TikTok menggambarkannya sebagai tempat untuk “menemukan apa yang berkinerja baik di TikTok dan terlibat lebih baik dengan audiens kalian”.

Ini secara efektif menempatkan semua tren paling populer di satu tempat untuk kalian temukan. Ini bisa membantu menginformasikan strategi kalian sehingga kalian bisa membuat konten yang terasa terkini. 

Ini penting untuk memenangkan heart Gen Z, yang terkenal suka mengkritik humor internet yang ketinggalan zaman ( bagaimanapun, mereka menciptakan istilah ” cheugy ” untuk ini).

Bagaimana kalian menggunakan TikTok Trend Discovery? Pertama, kalian harus masuk ke TikTok Creative Center. Hanya akun bisnis TikTok yang bisa melakukan ini, jadi pastikan kalian termasuk dalam kategori ini sebelum melanjutkan.

kalau kalian belum memiliki login atau akun Bisnis, kalian bisa mendaftar dan beralih. Setelah masuk, kalian bakal melihat berbagai kategori yang sedang tren – hashtag, lagu, creator, dan video TikTok. 

Saat kalian masuk ke salah satu bagian ini, kalian bakal melihat hasil teratas untuk masing-masing bagian. kalian bisa menggunakan alat filter untuk mempersonalisasi data di setiap halaman dan menemukan informasi terbaik untuk brand dan audiens target kalian. 

Setiap kategori yang tercantum bisa membantu menginformasikan strategi kalian dengan cara yang berbeda. Mari hancurkan mereka… 

Trending Hashtags di TikTok

Hashtag membantu pengguna menemukan, berbagi, dan terlibat dengan jenis konten yang mereka cari. Menggunakan hashtag yang tepat pada deskripsi TikTok kalian nggak hanya merupakan praktik yang baik, tetapi juga bisa meningkatkan SEO TikTok kalian. 

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, TikTok adalah tempat discovery, dan untuk Gen Z (yang mengatakan itu adalah aplikasi favorit mereka ), itu juga menjadi mesin pencari pilihan mereka. 

Itu benar; TikTokers muda melewati Google untuk menggunakan platform ini sebagai alat utama mereka untuk discovery. 

Jadi, hashtag (dan deskripsi) itu penting. kalau kalian bisa menemukan hashtag tren yang sesuai dengan ceruk pasar kalian, manfaatkan hashtag tersebut untuk meningkatkan jangkauan kalian sebanyak mungkin. 

Alat TikTok Trend Discovery bisa membantu kalian menemukan hashtag terbesar saat ini, tetapi penting untuk dicatat bahwa ini sudah menjadi yang paling keras, yang berarti popularitasnya kemungkinan besar bakal berkurang.

Bagaimana kalian bisa memaksimalkan pertumbuhan lewat viral hashtags? Salah satu caranya adalah dengan membuatnya juga. Tren baru bisa membuat TikTokers tetap terlibat dan membantu kalian menerapkan strategi pertumbuhan. 

Cara lain adalah dengan memanfaatkan tren hashtag TikTok saat masih naik daun. 

Menjadi “anak poster” dari tren yang sedang berkembang bisa mengubah jangkauan kalian di aplikasi, karena antarmuka aplikasi TikTok memprioritaskan video paling populer untuk hashtag tertentu, menciptakan efek bola salju. 

Bergabung terlambat dan kalian bakal tersesat dalam kebisingan, tetapi bergabung lebih awal berarti semua bola mata itu bakal tertuju pada kalian.

Menemukan tren semacam ini bukanlah sesuatu yang ditawarkan oleh TikTok Trend Discovery – tetapi alat kami, Bytesights, bisa melakukannya.

Sound Trending di TikTok

88% pengguna mengatakan sound sangat penting untuk pengalaman TikTok, jadi masuk akal untuk menggunakannya dalam strategi pemasaran TikTok kalian. 

Menemukan sound yang sedang tren bisa membantu mendorong brand kalian menjadi sorotan, menjangkau lebih banyak audiens target kalian.

Di halaman TikTok Trend Discovery, TikTok memiliki kategori “ lagu ”. Bukan rahasia lagi bahwa musik sangat penting di platform ini. Beberapa artis bahkan memulai perjalanan mereka menuju kesuksesan dengan menjadi viral di aplikasi (kami melihat kalian, Lil Nas X).

Sound TikTok sangat populer karena menghibur dan membantu pengguna berkreasi. Memilih sound viral yang tepat untuk brand kalian bisa meningkatkan UGC (konten buatan pengguna) dengan mendorong orang lain membuat video pendek mereka sendiri. 

Sound bisa melahirkan tren kreatif, dan menggunakan yang tepat untuk audiens kalian bakal menginspirasi mereka untuk menghasilkan konten. Hasil dari ini? Peningkatan pertumbuhan organik dan KPI yang berhasil.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun TikTok Trend Discovery mencantumkan lagu terbesar di platform lewat Pusat Kreatif, kekuatan sound saat menjadi viral di platform adalah kreativitas mereka. 

Menggunakan sound yang lebih besar ini bakal mengurangi kemampuan kalian untuk menjadi kreatif dan diperheartkan dengan melakukannya. 

Namun, pilihlah sound yang sedang naik daun dan kalian bakal memiliki peluang yang lebih baik untuk mengubah viralitas baru lagu tersebut ke audiens yang lebih luas untuk brand kalian.

Ini juga bukan hanya tentang lagu. Pengguna datang ke TikTok untuk menonton konten yang menghibur, mendengarkan cerita, dan mendengar apa yang dikatakan orang lain. Meme sound adalah sensasi viral terbaru yang menggoda telinga TikToker.

Merek perlu menggunakan sound dengan heart-heart dalam pemasaran media sosial. kalian nggak ingin membuat sensasi viral potensial dan melihatnya dihapus karena ketentuan hak cipta. 

Memahami cara menemukan sound yang sedang tren, membentuk sound asli, dan bagaimana kalian bisa tetap berada dalam aturan TikTok sangatlah penting. Jadi lihat artikel kami: Sound Tren TikTok: Bagaimana brand bisa Terlibat, untuk mengetahui lebih lanjut.

Creator Trending di TikTok

Karena creator (yaitu influencer) di TikTok mendapat skor Tingkat Keterlibatan media sosial tertinggi dibandingkan dengan platform lain, menemukan bakat yang sedang tren hanya bisa berarti satu hal. Jangkauan puncak dan keterlibatan maksimum untuk brand kalian. 

Influencer sangat kuat. Mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun hubungan saling percaya dengan pengikut, dan brand kalian memiliki peluang untuk memanfaatkannya. 

TikTok Trend Discovery menunjukkan kepada kalian kreator trending terbaru (terutama influencer populer saat ini). 

Bekerja dengan influencer yang sedang tren bisa membantu kalian meningkatkan kehadiran online kalian dan mencapai tujuan kalian lebih cepat. Tetapi sebelum kalian melakukannya, ada hal penting yang perlu kalian ketahui. 

Kolaborasi brand- influencer perlu bekerja sebagai hubungan pertama dan terutama. Itu berarti pemasar harus bermitra dengan influencer yang tepat untuk menyampaikan pesan mereka.

kalian perlu bekerja sama dengan konten creator yang selaras dengan nilai brand kalian, kalau nggak, pemirsa kalian bakal mati.

Menemukan influencer TikTok yang sempurna pada awalnya mungkin tampak rumit, tetapi ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menemukan bakat yang sempurna untuk brand kalian.

Di Fanbytes by Brainlabs, kami menggunakan alat internal kami untuk menggali lebih dalam dari kemampuan TikTok Trend Discovery. Kami bisa menemukan influencer yang secara organik menyebutkan brand kalian (dan pesaing) sehingga kemitraan kalian bakal terlihat asli. 

Kami juga bisa melihat influencer yang pertumbuhannya berada di kurva yang curam, sehingga brand bisa bermitra dengan mereka sebelum mereka menjadi besar, yang berarti mereka mendapat manfaat dari peningkatan jangkauan mereka, sambil membina hubungan yang mendukung dengan kreator.

Lagi pula, kalau kalian seorang pemberi pengaruh dan sebuah brand menjangkau kalian saat kalian masih berusaha membuatnya, kalian bakal lebih menyukai brand itu. Dan kecintaan brand itu muncul dalam konten yang lebih asli dan berperforma lebih tinggi.

Video yang Sedang Trend di TikTok

Video yang Sedang Trend di TikTok

Video itu sendiri tentu saja bisa menjadi sensasi viral. Nah, video yang sedang tren adalah bahan bakar dari tiga jenis tren terakhir. Hanya satu video viral yang memiliki kekuatan untuk memulai fenomena TikTok yang benar-benar baru. 

Di TikTok Trend Discovery, kalian bisa menemukan seluruh bagian yang didedikasikan untuk video yang sedang tren dan apa yang populer saat ini. Bagaimana kalian bisa menggunakan bagian ini? 

Ambil inspirasi dari apa yang dilakukan setiap video dan lihat bagaimana kalian bisa membuatnya sesuai dengan brand. kalian bisa menemukan hashtag dan sound trending yang relevan atau mencari pembuat video yang menarik perheartan kalian. 

Penelitian semacam ini bakal membantu menginformasikan strategi kalian ke depan. Mengambil inspirasi dari video yang sedang tren bisa membantu. Tapi menjadi viral bukanlah segalanya.

kalian mungkin ingin salah satu video brand kalian menjadi sensasi viral berikutnya, tetapi triknya dengan TikTok adalah untuk jangka panjang (bukan jangka pendek).

kalian bisa menggunakan video yang sedang tren untuk memahami apa yang mungkin berhasil dengan audiens kalian, tetapi terserah kalian untuk membentuk komunitas yang terlibat yang bakal terus kembali ke brand kalian untuk lebih. 

Faktanya, inilah yang kami bahas – dan memberikan strategi utama – dalam acara terbaru kami, ‘ brand Saya Menjadi Viral di TikTok, Sekarang Apa? ‘. kalau kalian melewatkannya, jangan khawatir: kalian bisa membaca key takeout kami di sini.

TikTok Trend Hanyalah Satu Bagian dari Teka-teki

Memahami TikTok dan cara memanfaatkan kekuatannya melampaui konten yang sedang tren. Aplikasi ini memungkinkan pemasar untuk terhubung dengan audiens mereka lebih dekat dari sebelumnya. 

TikTok mendorong komunitas, jadi menjadi viral bukanlah tujuan akhir. kalian ingin memahami audiens kalian, terhubung dengan mereka, dan mencari cara untuk mengomunikasikan pesan kalian. Keputusan berdasarkan data bakal membantu kalian mencapainya.

Tetapi kalian nggak harus masuk ke Creative Center untuk melihat data TikTok. kalian hanya perlu membuka aplikasi dan terlibat seolah-olah kalian adalah pelanggan ideal kalian. 

Algoritme TikTok mendorong konten ke FYP ( For You Pages ) berdasarkan minat. Memahami jenis konten yang ingin dilihat pemirsa bakal membantu kalian membuat konten yang benar-benar bisa mereka lihat.

Jadi gunakan aplikasi untuk mempelajari tentang audiens kalian, bukan hanya apa yang sedang viral saat ini. Kemudian kalian bisa mulai membangun strategi jangka panjang yang kedap air untuk membentuk basis penggemar setia dan meningkatkan ROI. 

Menemukan tren bisa membantu kalian memahami jenis konten yang tepat untuk audiens kalian. Tetapi sangat penting buat kalian untuk mengetahui cara menggunakannya. 

Baca juga: