Cara Optimalkan SEO TikTok Secara Efektif dan Tips Algoritma

Gen Z menggunakan TikTok seperti Google, jadi ini saatnya untuk menerapkan SEO TikTok kalian. Inilah semua yang perlu kalian ketahui tentang cara melakukan SEO untuk video TikTok.

Penelitian menunjukkan bahwa Gen Z menggunakan TikTok sebagai mesin pencari. Faktanya, kebiasaan mereka mencari jawaban di umpan sosial mereka telah membuat banyak orang menjuluki TikTok sebagai “Google Baru”.

Apa artinya bagi brand kalian? Artinya, algoritme TikTok, yang terkenal beradaptasi dengan cepat untuk menampilkan konten yang relevan kepada pengguna, telah memicu pengguna TikTok untuk menganggap aplikasi tersebut lebih dari sekadar jejaring sosial.

Atau bahkan platform penemuan pasif. TikTok sekarang menjadi ruang untuk penemuan aktif – yaitu, pencarian. Ini adalah rute baru yang menarik bagi target pelanggan untuk menemukan brand kalian.

Kaum muda menggunakan fungsi pencarian di dalam TikTok untuk mencari konten yang mungkin pernah mereka cari di Google, atau mencari di Google Maps (untuk rekomendasi dan ulasan). Dan mereka juga menggunakannya untuk jenis penelusuran baru.

Mengingat bahwa TikTok bisa langsung menautkan ke etalase dan situs web bisnis, kalian perlu memastikan bahwa SEO TikTok brand kalian kuat.

Ini nggak hanya akan memberi kalian lebih banyak keterlibatan pada video pendek kalian, tetapi juga akan memandu audiens kalian dari akun TikTok kalian, ke bisnis kalian – yang berarti lebih banyak pendapatan.

Begini cara kerjanya!

Apa itu SEO TikTok? dan Siapa yang Harus Menggunakannya?

SEO TikTok

Untuk Gen Z, TikTok bukan hanya untuk jejaring sosial – ini adalah platform penemuan, dan cara mereka menggunakannya lebih mirip dengan mesin pencari. Tapi itu nggak berfungsi seperti Google atau Bing, dan itu memberikan jawaban yang berbeda untuk pencarian mereka.

Oleh karena itu, TikTok SEO bekerja sedikit berbeda dari jenis mesin pencari tradisional. Tetapi prinsipnya tetap sama: ide utamanya adalah untuk menandai audiens potensial kalian (dan platform) dengan tepat apa yang ditawarkan konten kalian, termasuk tentang apa itu.

Seperti pertanyaan atau maksud pencarian yang akan dijawab atau dipenuhinya. Kemudian, pastikan konten yang kalian buat lebih baik dari pesaing kalian, sehingga kalian berada di dekat bagian atas hasil pencarian.

Kalian melakukan ini dengan punya strategi kata kunci yang kedap air, menggunakan kata kunci yang tepat dan istilah yang relevan untuk setiap konten – dan membuat konten yang sangat sesuai dengan kebutuhan audiens kalian.

SEO TikTok untuk Bisnis

Untuk pemilik bisnis yang menjual ke audiens B2C muda, terutama bisnis e-niaga. TikTok SEO adalah garis depan SEO berikutnya yang layak untuk dikejar.

Itu karena hampir 40% Gen Z sebenarnya lebih memilih TikTok untuk melakukan pencarian online, menurut data internal Google sendiri, yang berarti bagi brand yang ingin menyasar generasi konsumen muda ini, bentuk baru pemasaran TikTok ini lebih penting daripada penemuan di mana pun platform sosial lainnya.

Tetapi untuk benar-benar memakukan TikTok SEO, kalian harus memahami maksud pencarian TikTok audiens target kalian. Penonton di sini memilih TikTok daripada pencarian Google karena mereka menginginkan konten TikTok.

Mereka terutama pergi ke TikTok untuk dihibur, tetapi mereka juga mencari saran dan rekomendasi tepercaya dari pengguna manusia lainnya. Ini adalah pengguna TikTok sehari-hari lainnya serta Influencer yang mereka percayai sebanyak mereka mempercayai teman mereka.

Ini berarti bahwa jenis informasi yang bekerja dalam strategi pengoptimalan mesin telusur tradisional nggak akan bekerja dengan baik dalam bentuk pemasaran digital TikTok ini, nggak peduli seberapa ringkas istilah pencariannya.

4 Tips SEO untuk Mengoptimalkan Video TikTok

Konsep mesin pencari TikTok biasanya dikaitkan dengan fungsi pencarian aplikasi – diakses melalui bilah pencarian. Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai ketika mempertimbangkan untuk menambahkan TikTok SEO ke strategi pemasaran media sosial kalian.

Namun, TikTok SEO melangkah lebih jauh dari ini – karena berinteraksi dengan algoritma TikTok untuk mendukung konten berkinerja tinggi dengan memasukkannya ke dalam penemuan pasif – yaitu, menempatkannya di For your Page (FYP) pengguna.

TikTok juga mengambil langkah-langkah tambahan dalam platform untuk membantunya bersaing dengan Google sebagai mesin telusur, jadi penting untuk mengawasi hal ini karena bisa membantu meningkatkan SEO TikTok kalian.

Inilah empat hal utama untuk dimasukkan ke dalam strategi SEO TikTok kalian:

1. Riset Keywords

Seperti SEO tradisional, penelitian kata kunci sangat penting. Banyak pemasar digital SEO menggunakan tool SEO pencarian kata kunci, seperti SEMrush atau Ahrefs, untuk menemukan kata kunci yang relevan untuk ditargetkan pada pencarian Google.

Untuk TikTok SEO, ini bisa menjadi alat yang berguna – tetapi penting juga untuk melakukan pencarian sendiri di aplikasi untuk mendukung penelitian kata kunci kalian.

Saat kalian menelusuri kata kunci yang relevan dengan bisnis kalian, kata dan kueri penelusuran apa yang muncul? kalian bisa (dan harus!) melakukan jenis pencarian di TikTok yang kalian harap akan segera kalian peringkatkan saat audiens target kalian mencari di TikTok.

Brand di TikTok harus memperhatikan fitur hyperlink baru TikTok. Di sinilah kata kunci tertentu mendapatkan hyperlink di komentar video kalian.

Untuk mencoba membuat lebih banyak orang mencari dengan TikTok, aplikasi telah membuat sistem bawaan yang menemukan dan mengenali kata kunci yang banyak dicari dan melampirkannya ke video terkait.

Untuk menemukan kata kunci hyperlink untuk digunakan, cari kata kunci umum di ceruk pasar kalian. Kemudian (masih di fungsi pencarian TikTok), filter jawaban kalian dengan “minggu ini” dan “paling disukai”.

Gulir video teratas yang kalian temukan hingga kalian melihat video yang punya sesuatu yang berbeda di bagian komentar: kata kunci hyperlink di bagian atas. Ini adalah kata kunci berekor panjang yang harus kalian gunakan sebagai subjek video kalian berikutnya.

Contoh SEO TikTok

Dalam contoh ini, penelusuran untuk ‘Sepatu bot musim gugur’ telah menghasilkan video yang sedang tren teratas di mana TikTok telah menambahkan kata kunci hyperlink ‘Ide pakaian sepatu bot setinggi lutut.’ brand alas kaki harus menggunakan kata kunci berekor panjang ini untuk membuat konten yang menjadi tren TikTok secepatnya.

Seperti halnya semua penelitian kata kunci, catat jenis bahasa apa yang biasanya muncul di antara hasil teratas, istilah yang berhasil membawa kalian ke halaman teratas tersebut, dan setiap posting terkait yang juga membantu kalian mendapatkan gambaran yang lebih besar tentang jenis pencarian yang kalian lakukan kembali akan menjadi sasaran.

2. Sertakan Kata Kunci di Lebih Banyak Tempat

Termasuk kata kunci kalian adalah cara penting untuk membantu audiens kalian menemukan konten kalian. Di TikTok, penting untuk memasukkan kata kunci yang tepat di tempat yang tepat.

Itu berarti mereka harus disertakan dalam teks video kalian, tentu saja, tetapi juga diucapkan dengan lantang di dalam video, karena kami tahu bahwa TikTok bisa memahami konten video serta teks tertulis.

Tempat lain untuk memasukkan kata kunci kalian ada di dalam teks dalam video, dan – tentu saja – bio TikTok kalian. Ini semua adalah tempat di mana calon audiens bisa mulai lebih memahami apa yang ditawarkan konten kalian, yang berarti ini adalah peluang sempurna untuk menandai kata kunci.

Berikut adalah daftar praktis untuk dipertimbangkan saat menandai kata kunci kalian dalam pemasaran konten TikTok kalian:

  • Teks dalam video
  • Diucapkan dengan lantang dalam video – atau dalam sulih suara kalian
  • Tertulis di caption
  • Ditambahkan sebagai tagar
  • Ditulis dalam subtitel otomatis

3. Gunakan Hashtags dengan Bijak

Seperti halnya platform media sosial lainnya, tagar adalah kunci untuk bisa ditemukan. Meneliti dan memutuskan tagar mana yang akan ditargetkan adalah elemen kunci dari strategi SEO TikTok kalian.

Membuat strategi hashtag yang bagus untuk TikTok SEO nggak berarti “semakin meriah”. brand harus menargetkan keluasan dan kedalaman dengan memasukkan kombinasi kata kunci ekor panjang (yaitu ceruk) dan volume tinggi (yaitu generalis).

Di TikTok, ada ratusan tagar khusus yang mencakup komunitas konten individual. Pengguna aktif dan terlibat mengumpulkan di bawah tagar seperti #BookTok dan #SkinTok untuk mendiskusikan minat bersama dan berbagi konten yang sangat spesifik.

Jadi ini adalah penggunaan penting sebagai faktor dalam strategi kata kunci kalian. hashtag kata kunci bervolume tinggi biasanya lebih pendek, dan banyak pengguna yang mencarinya.

Ini akan memaparkan kalian ke audiens yang lebih besar, tetapi niat pencarian mereka lebih rendah dan tingkat konversi nggak sekuat itu. Semakin spesifik tagar kalian, audiens kalian akan semakin terlibat.

Tagar kata kunci ekor panjang lebih mungkin digunakan pada tahap selanjutnya dari proses pencarian pengguna TikTok. Para penelusur ini sering kali memikirkan tindakan yang lebih spesifik, seperti melakukan pembelian atau mengajukan pertanyaan.

Gunakan kombinasi tagar berekor panjang dan tagar volume tinggi untuk menargetkan pencari melalui relevansi dan volume.

Selain itu, pengindeksan hashtag akan membantu kalian meningkatkan visibilitas untuk serangkaian konten, dan akan membantu pengguna mengetahui hashtag mana yang akan digunakan saat mereka membuat UGC untuk brand kalian yang juga akan membantu meningkatkan jangkauan kalian.

4. Optimalkan Perjalanan Pengguna

Nggak ada gunanya berusaha keras untuk SEO TikTok kalian kalau kalian nggak siap mengubah lalu lintas yang ditingkatkan menjadi sesuatu yang berharga.

Seharusnya mudah bagi follower TikTok baru kalian untuk menemukan situs web kalian, menemukan produk yang tepat dan membelinya dengan mudah, dan menemukan lebih banyak cara untuk terlibat dengan brand kalian.

Kalau nggak, kesadaran brand kalian nggak akan membuka pendapatan apa pun. Seperti apa perjalanan pengguna yang dioptimalkan di TikTok?

Ya, itu berarti punya CTA yang jelas pada posting kalian, situs web yang responsif seluler (dengan UX yang bagus dan waktu muat yang cepat), dan tautan yang jelas di antara keduanya. Kemudian, ketika upaya SEO kalian mulai membuahkan hasil, kalian juga bisa menuai keuntungan di luar platform.

Bagaimana dengan Algoritma TikTok?

algoritma tiktok agar fyp

Apa pun prinsip SEO yang kalian perkenalkan, algoritma TikTok misteriuslah yang akan tetap mengatur bagaimana konten TikTok direkomendasikan di situs.

Artinya, brand kalian perlu mempertimbangkan praktik terbaik algoritme TikTok serta memperkenalkan prinsip SEO baru kalau kalian ingin video kalian muncul.

Lihat artikel kami tentang Memahami Algoritma TikTok untuk penjelasan lengkap tentang apa yang kami ketahui tentang cara kerja algoritme.

Berikut adalah wawasan tambahan utama yang perlu diperhatikan saat mengerjakan TikTok SEO:

1. Jangan Berlebihan Menaruh Keyword

Kalian telah melakukan penelitian kata kunci TikTok, jadi mungkin tergoda untuk menaruh semuanya di posting kalian berikutnya. Namun, seperti halnya SEO tradisional, isian kata kunci sebenarnya bisa menghalangi peluang kalian untuk membawa konten kalian ke audiens yang lebih luas.

Itu karena mesin pencari dan TikTok mencari konten yang natural, asli, dan menarik!

Video TikTok yang sarat teks cenderung nggak berkinerja sebaik postingan yang lebih pendek dan tajam, dan algoritme memprioritaskan konten yang benar-benar berguna bagi pengguna, bukan hanya hal-hal yang mencantumkan istilah terkait dengan jumlah tertinggi.

2. Fokus Pada “Orang Lain”

Karena keterlibatan adalah bagian besar dari kesuksesan SEO, menjaga perhatian audiens kalian sangat penting.

Prioritas nomor satu kalian adalah membuat video TikTok yang bagus. Bukan untuk membuat yang paling mudah ditemukan, hanya yang bagus.

Segala sesuatu yang lain adalah manfaat tambahan, karena kalau video kalian nggak nyaman di platform, dan kalau nggak sesuai dengan apa yang ingin dilihat oleh follower TikTok kalian, nggak masalah seberapa baik kalian membuatnya dioptimalkan: itu akan gagal.

Seperti yang sering terjadi pada video TikTok, kata kuncinya harus: keaslian. Di sinilah konten kreator TikTok bisa sangat membantu.

Influencer ini mungkin nggak selalu berpengalaman dalam teknis SEO, tetapi mereka alami dalam membuat konten yang disukai pengguna TikTok, dan itu membuat mereka punya banyak audiens – lagipula, inilah mengapa mereka punya begitu banyak follower TikTok!

Komunikasikan nilai-nilai kalian kepada influencer kalian, dan biarkan mereka punya kebebasan berkreasi dalam cara mereka membagikannya kepada audiens mereka. Mereka akan tahu apa yang paling ditanggapi oleh follower mereka.

3. Pikirkan Seluruh Profil

Seperti yang telah kami katakan, mengoptimalkan perjalanan pengguna kalian di seluruh akun TikTok kalian sangat penting. Namun, penting juga untuk memikirkan jenis konten yang kalian poskan, dan pastikan semuanya sesuai pesan dan relevan untuk audiens target kalian.

Dengan cara ini, kalian akan membangun brand kalian lebih baik di mata algoritme, yang berarti lebih banyak konten kalian yang berpotensi untuk dipromosikan ke halaman pengguna untuk kalian.

Sama seperti kalian bisa menemukan pemberi pengaruh yang relevan dengan mencari istilah populer dan menemukan siapa yang muncul, dengan menerapkan praktik SEO ke seluruh profil kalian, dan bukan hanya posting individual, kalian bisa mulai membangun brand kalian sebagai nama yang perlu diketahui dalam produk kalian atau ceruk layanan.

Pelajaran yang Bisa Dipetik dari SEO TikTok

Brand perlu mulai memikirkan profil TikTok mereka lebih dari sekadar umpan media sosial lainnya. Jauh lebih dari itu, dan perannya dalam menarik penonton semakin meningkat.

Brand harus mempertimbangkan profil TikTok mereka sebagai ruang permanen untuk menandai informasi ke basis pelanggan mereka.

Dengan menggunakan prinsip SEO untuk memastikan bahwa mereka menjangkau audiens target mereka, brand bisa menumbuhkan follower online mereka, menjangkau demografi baru, dan memantapkan diri mereka sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing.

Bukti menunjukkan bahwa masih banyak lagi yang akan datang dari platform berbagi video.

Mengingat bahwa Instagram telah memperkenalkan fitur aksesibilitas yang juga memengaruhi SEO, seperti teks alternatif yang mendeskripsikan konten gambar, ada kemungkinan saat TikTok mengeksplorasi lebih banyak opsi aksesibilitas, fitur lebih lanjut juga akan tersedia untuk dijelajahi brand.

Baca juga: