5 Praktik Terbaik Email Marketing Agar Promosi Dibuka dan Dibaca

Tengah mencari cara untuk meningkatkan tingkat praktik terbaik email marketing Anda? Ingin belajar bagaimana menciptakan konten yang diinginkan oleh para pelanggan Anda?

Tim dari eTamu.id membagikan tips email marketing mereka dalam infografis ini. Mereka membaginya sebagai berikut:

  • Frekuensi pengiriman email
  • Pengirim (nama pengirim dan alamat email)
  • Judul email (Subject line)
  • Pra-judul (Preheader)
  • Isi konten

Lihat penjelasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Tips Praktik Terbaik Email Marketing yang Agar Dibuka dan Dibaca

Praktik Terbaik Email Marketing

Tak terkecuali dari Generasi Z hingga para Baby Boomer, email merupakan saluran komunikasi merek yang paling disukai di semua demografi. Membuat penerima email Anda membuka email merupakan elemen pertama dan paling penting dalam marketing melalui email.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang akan membantu Anda mendapatkan perhatian pada konten Anda.

1. Frekuensi

Pastikan pelanggan Anda mendengar kabar dari Anda secara konsisten: Jika Anda mengirimi mereka email pada hari Rabu kedua setiap bulan, pertahankan jadwal tersebut.

Jika Anda mengirimkan mereka di luar jadwal tersebut, pastikan Anda berbagi sesuatu yang berharga, seperti penawaran khusus atau berita terbaru.

2. Dari Siapa Email Dikirim

Orang ingin menerima email dari sumber yang mereka kenal dan percayai. Alamat email no-reply bersifat tidak personal dan memisahkan Anda dari pelanggan Anda. Gunakan nama lengkap Anda dalam baris “Dari” untuk membangun hubungan dengan audiens Anda.

3. Baris Subjek

Baris subjek merupakan salah satu elemen terpenting untuk membuat email Anda dibuka. Ketika orang melihat email mereka, mereka akan melihat empat hingga lima kata pertama dalam baris subjek sebelum melanjutkan.

Pengguna ponsel pintar dan tablet juga akan melihat versi yang dipotong dari baris subjek Anda jika melebihi 40 karakter. Ini memberi Anda kesempatan singkat untuk menarik perhatian mereka, jadi buatlah baris subjek yang menuntut pembukaan.

Letakkan informasi paling penting di bagian depan, dan buatlah pendek dan jelas.

4. Preheader

Setelah Anda berhasil menarik perhatian pembaca dengan baris subjek, teks preheader yang bermakna atau cerdas dapat membantu Anda menyelesaikan kesepakatan. Teks preheader muncul di sebelah atau di bawah baris subjek dalam email pembaca Anda.

Secara default, preheader adalah 35 hingga 100 karakter pertama dalam email Anda. Anda juga dapat menggunakan kode dalam email Anda untuk mengatur preheader tersembunyi.

Pastikan untuk memeriksa preheader Anda saat menguji email Anda, karena teks seperti ‘Lihat di browser’ atau ‘Lihat dengan gambar’ dapat menghabiskan ruang yang berharga ini.

5. Konten

Seperti yang dikatakan pendiri Microsoft, Bill Gates, “konten adalah raja.” Anda sudah melakukan persiapan, Anda telah berhasil menjembatani kesenjangan: pelanggan Anda telah membuka email Anda.

Sekarang, buatlah pesan Anda layak untuk dibuka. Pelanggan Anda tidak mengharapkan untuk membaca banyak, dan akan memindai teks dan fokus pada gambar. Pastikan konten Anda relevan, menarik, dan diakhiri dengan panggilan tindakan yang kuat.