8+ Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Sebagai Pengganti WhatsApp!

Kamu sedang mencari aplikasi chat yang mirip WA untuk mencari penggantinya? Nah, ternyata ada loh aplikasi chatting pengganti WhatsApp buatan Indonesia!

WhatsApp merupakan platform layanan pesan instan atau aplikasi chatting yang populer di Indonesia. Baik dari kaum muda sampai orang tua menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi untuk belajar dan bekerja.

Namun, ada beberapa pengguna yang merasa kurang puas dengan aplikasi yang satu ini, sehingga banyak yang menggunakan WhatsApp Mod sebagai alternatif.

Tapi, seperti kita tahu bahwa aplikasi mod tidak menjamin keamanan dan privasi bagi para penggunanya. Untuk itu eTamu.id akan membagikan beberapa aplikasi pengganti WhatsApp karya anak bangsa.

Daftar Aplikasi Chatting Pengganti WhatsApp Buatan Indonesia

Aplikasi Pengganti WhatsApp Buatan Indonesia

Indonesia semakin melek dengan teknologi, banyak anak bangsa yang memiliki bakat dalam bidang IT yang mengembangkan beberapa platform digital sendiri.

Beberapa diantaranya adalah aplikasi chatting yang bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Nah, berikut beberapa aplikasi chatting buatan Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti WhatsApp.

1. PeSankita

PesanKita, atau PS, merupakan messenger yang dikembangkan untuk bersaing dengan layanan serupa seperti WhatsApp.

Aplikasi messenger ini, yang diciptakan oleh XecureIT, menonjol dengan desainnya yang sederhana dan menyediakan beragam fitur, meskipun belum menyertakan fitur status atau foto profil yang umumnya ada di platform serupa seperti WhatsApp dan Telegram.

Fitur unggulan PS termasuk kemampuan untuk membentuk grup chat dengan lebih dari 256 anggota, sebuah fitur yang serupa dengan yang dimiliki oleh WhatsApp, memungkinkan pengguna untuk mengirim file dengan format apapun, serta foto dan video tanpa kompresi resolusi.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu penghapusan pesan secara otomatis setelah dibaca oleh penerima serta memungkinkan aktivasi fitur tangkapan layar oleh pengguna lain.

Yang menarik, PS juga menonjol dalam aspek keamanan. Aplikasi ini memiliki struktur keamanan grup yang membedakan peran antara Pemilik (Pembuat) Grup, Administrator Grup, dan Anggota Grup, serta menghadirkan enkripsi pesan yang menyeluruh, termasuk dalam percakapan grup.

Khususnya, fitur keamanan ini memastikan bahwa isi pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima pesan. Pesan yang dikirim online diproses di server dan disimpan dalam basis data di ponsel dengan enkripsi menggunakan kunci milik pengguna.

Meskipun baru diunduh oleh sekitar 5 ribu pengguna hingga saat ini, PesanKita menjanjikan potensi yang besar ke depannya.

Dengan sejumlah fitur yang menarik serta fokus pada keamanan dan privasi, messenger ini dapat menjadi alternatif menarik bagi para pengguna yang mencari platform komunikasi yang lebih aman dan fokus pada keamanan.

=>> Download Disini

2. MyBeb

Kehadiran aplikasi chatting asal Indonesia, MyBeb, menjadi sorotan sebagai alternatif potensial pengganti WhatsApp. Lebih dari sekadar platform chatting, aplikasi ini lebih mengarah ke fitur media sosial.

Pengguna dapat menggunakan MyBeb untuk berkomunikasi dengan teman-teman serta pengguna lain yang juga memanfaatkan layanan tersebut. Mirip dengan WhatsApp, MyBeb memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan berbagai jenis file lainnya.

Tak hanya itu, layanan ini juga menyediakan fitur video call bagi pengguna yang ingin berkomunikasi secara langsung.

Selain fungsi chatting, MyBeb menawarkan keunggulan lain dengan adanya klub atau “club” yang dapat diikuti oleh penggunanya, membuka peluang untuk memperluas jaringan sosial.

MyBeb dapat diunduh secara eksklusif melalui Google Play Store, memberikan akses yang mudah bagi pengguna Android yang ingin mencoba aplikasi ini sebagai alternatif selain WhatsApp.

=>> Download Disini

3. Catfiz Messenger

Catfiz telah menjadi nama yang akrab dalam ranah pesan instan setelah masuk ke dalam arena persaingan bertahun-tahun lalu, pada masa kejayaan BBM. Hingga tahun 2017, aplikasi pesan Catfiz telah melampaui tonggak lebih dari 1 juta unduhan di Play Store.

Platform pesan instan ini menonjol berkat desainnya yang ringan dan beragam fitur unik yang menggabungkan pesan instan, interaksi media sosial, streaming multimedia, dan layanan penyimpanan awan.

Berbagai fungsinya meliputi interaksi layaknya media sosial seperti pembaruan status, komentar, suka, dan kutipan. Dalam memfasilitasi berbagi multimedia, Catfiz memungkinkan pengguna untuk bertukar dokumen atau file berukuran hingga 500MB secara bebas.

Yang membedakannya adalah kemampuannya untuk memainkan file video atau audio secara langsung tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu, yang pada akhirnya dapat menghemat penggunaan data.

Selain itu, fungsionalitas obrolan grupnya mendukung hingga 2000 anggota, yang cocok untuk lingkaran sosial yang luas dan diskusi kelompok.

Catfiz terus menawarkan pengalaman pesan instan yang serbaguna dan kaya fitur, menarik bagi pengguna yang mencari platform komprehensif yang menyatukan berbagai elemen komunikasi dengan lancar.

=>> Download Disini

4. StealthChat

StealthChat hadir sebagai solusi chatting yang menempatkan privasi dan keamanan penggunanya sebagai prioritas utama. Aplikasi ini menjamin keamanan seluruh aktivitas dan jenis pesan yang dikirimkan dengan enkripsi yang kuat.

Mengklaim sebagai aplikasi yang benar-benar antisadap, StealthChat menawarkan berbagai jenis pengunci unik kepada penggunanya. Salah satunya adalah pengguna harus memecahkan kode letak lingkaran yang terselip di dalam sebuah gambar.

Selain itu, fitur unggulan lainnya yang patut dicoba adalah Burn Message, yang secara otomatis menghapus pesan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk meningkatkan keamanan, StealthChat juga membanggakan fitur screenshot-proof guna mencegah penyebaran percakapan melalui tangkapan layar.

Namun, saat ini, StealthChat baru dapat dinikmati oleh pengguna Android. Aplikasi ini menjanjikan pengalaman chatting yang lebih aman dan terjaga privasinya bagi para penggunanya.

=>> Download Disini

5. Yogrt

Aplikasi Yogrt, yang dikembangkan di Yogyakarta, tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan chattingmu. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membantu menemukan teman baru bagi penggunanya. Saat ini, Yogrt dapat diunduh melalui Google Play Store.

Dengan menggunakan sistem berbasis lokasi pengguna, Yogrt memberikan rekomendasi pengguna yang berada di sekitarmu. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkenalan dan menjalin pertemanan baru.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini juga tersedia berbagai permainan yang dapat menghibur untuk mengatasi kebosananmu.

=>> Downlaod Disini

6. ChatAja

Sebelumnya dikenal sebagai Indonesia Messenger, ChatAja telah menjadi salah satu aplikasi chatting yang turut memperkaya ragam aplikasi karya anak bangsa. Saat ini, ChatAja telah diunduh lebih dari 3.900 kali di platform Play Store, dengan tambahan ketersediaannya juga di App Store.

Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur unggulan yang menarik. Dengan tanpa iklan, menjaga keamanan data karena tidak memiliki afiliasi dengan pihak lain, serta memberikan penyimpanan cloud, ChatAja mempertahankan kualitas gambar yang dibagikan tanpa mengorbankan resolusi.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan mini game dan berita dalam platformnya, menjadikannya sebagai pilihan menarik bagi para pengguna.

=>> Download Disini

7. Hi App

Dalam ranah aplikasi pesan, Hi App muncul sebagai alternatif berwarna hijau dari WhatsApp, yang memiliki beragam fitur komprehensif.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan secara individu atau dalam grup, berbagi file dengan mudah, dan bahkan mengintegrasikan penerjemah AI untuk kenyamanan tambahan.

Diluncurkan pada tahun 2019 oleh PT. Hallo Kreasi Indonesia, Hi App dengan percaya diri menempatkan dirinya sebagai pesaing dalam kompetisi melawan WhatsApp.

Secara khusus, aplikasi ini menekankan penggunaan enkripsi end-to-end-nya, yang menjamin langkah-langkah keamanan yang kuat dan melindungi privasi pengguna.

Menambah daya tariknya, Hi App cocok digunakan oleh pengguna Android maupun iOS, memperluas aksesibilitasnya di berbagai sistem operasi yang berbeda.

=>> Download Disini

8. liteBIG Messenger

liteBIG telah hadir sejak Agustus 2014 dan menjadi salah satu aplikasi yang tersedia di Play Store. Dengan waktu yang cukup lama di pasar, tak heran jika messenger buatan lokal ini sudah mencatat lebih dari 500 ribu unduhan di platform Play Store.

Aplikasi ini menawarkan fitur dasar yang mirip dengan aplikasi messenger sejenis yang sudah populer. Salah satunya adalah fitur autosync yang secara otomatis mencari teman yang juga menggunakan liteBIG, memudahkan pengguna tanpa perlu menambahkan mereka secara manual.

Meskipun begitu, kemampuan untuk menambah teman berdasarkan nama pengguna atau alamat email tetap ada.

Salah satu keunggulan utama liteBIG adalah kemampuannya untuk mengedit atau menghapus pesan yang sudah terkirim. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim berbagai jenis file menggunakan aplikasi ini.

liteBIG juga memiliki kapasitas group chat yang cukup besar, memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan anggota hingga 1.000 orang.

Sebagai perbandingan, batas maksimal group chat di WhatsApp sebelumnya hanya 256 orang, yang baru ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya mampu menangani hingga 100 orang.

=>> Download Disini

9. SalamChat

SalamChat, sebuah aplikasi chat yang menjadi buah bibir di Indonesia, menonjolkan keamanan sebagai prioritas utamanya. Dengan serangkaian fitur menarik, pengguna dapat dengan nyaman berkirim pesan dan berbagi cerita kepada kerabat maupun teman tanpa perlu cemas akan privasi mereka.

Aplikasi chat tanpa nomor HP ini menawarkan berbagai fitur yang memikat, antara lain:

  • Penyimpanan Data Otomatis di Cloud: Data pengguna secara otomatis tersimpan di Cloud, memberikan jaminan keamanan serta akses yang tetap terjaga meskipun terjadi pergantian device atau kehilangan perangkat.
  • Berkomunikasi Hanya dengan ID Salam, Tanpa Nomor HP: SalamChat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui ID Salam, tanpa perlu mengungkapkan nomor telepon pribadi mereka.
  • Fitur Sharing File, Foto, dan Video: Menghadirkan kemudahan dalam berbagi file, foto, dan video, SalamChat membantu pengguna untuk merasa lebih dekat dengan kerabat mereka.
  • Grup Publik Sesuai Minat: Aplikasi ini menyediakan grup publik yang dapat diikuti sesuai minat pengguna, memperluas kesempatan untuk terhubung dengan komunitas yang sejalan dengan preferensi mereka.
  • Pengaturan Privasi yang Fleksibel: SalamChat memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan privasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Dengan tagline, “Aplikasi chat tanpa biaya ini akan membawamu ke pengalaman terbaik dalam berkirim pesan dan berjejaring,” SalamChat menjanjikan pengalaman berkirim pesan yang tak tertandingi tanpa memerlukan biaya tambahan.

=>> Download Disini

Akhir Kata

Itulah daftar aplikasi chatting buatan Indonesia yang bisa kamu andalkan sebagai pengganti WhatsApp. Jangan mau kalah dengan negara lain, ayo kita dukung developer anak bangsa untuk terus berkarya dan berkembang!

Baca juga: